Rabu, 19 Januari 2022

Natal Ditengah Pandemi Jilid II: Paus Fransiskus Beri Pesan Ini!

Natal Ditengah Pandemi Jilid II: Paus Fransiskus Beri Pesan Ini!

LUAR NEGERI
25 Desember 2021, 18:39 WIB

CuplikCom-Natal-Ditengah-Pandemi-Jilid-II-Paus-Fransiskus-Beri-Pesan-Ini!-25122021184052-Pope-2.jpg

Foto: Paus Fransiskus (Cuplikcom/Fanny Nurul Khotimah)

Cuplikcom-Jakarta-Umat Kristen masih harus merayakan Natal tahun ini di bawah bayang-bayang pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan.

Perayaan Natal belum bisa dilakukan meriah, terlebih pasca merebaknya varian Omicron yang memiliki kemampuan penularan lebih cepat dibanding jenis Covid-19 sebelumnya.

Karena kondisi tersebut, Paus Fransiskus meminta masyarakat dunia untuk lebih mengedepankan solidaritas dalam menjalani hidup ke depannya. Solidaritas dibutuhkan terutama untuk membantu masyarakat yang hidup di dalam kemiskinan.

Saat mengisi Misa di St Peter Basilica, Roma, Italia, Jumat (24/12/2021) malam waktu setempat, Paus Fransiskus meminta umat Kristen agar lebih menghargai hal-hal kecil dalam hidup. Permintaan itu disampaikan di hadapan sekitar 2 ribu jemaah yang hadir dengan mengenakan masker di sana.

Pada malam cinta ini, semoga kita hanya memiliki satu ketakutan: yaitu menyinggung cinta Tuhan, menyakitinya dengan memandang rendah orang miskin dengan ketidakpedulian kita," kata Paus Fransiskus, dikutip dari AFP, Sabtu (25/12/2021).

Perayaan Natal yang tidak semeriah masa pra-pandemi juga terasa di Betlehem, Palestina. Kota yang dipercaya menjadi lokasi kelahiran Yesus ini biasanya dipadati ribuan orang saat Natal.

Namun, kini jumlah orang yang merayakan Natal di sana berkurang karena faktor Covid-19 dan adanya larangan dari Israel yang mengontrol semua pintu masuk ke Betlehem di Tepi Barat.

Saat mengisi homili di Misa Tengah Malam di Betlehem, Patriark Latin Yerusalem Pierbattista Pizzaballa mengatakan bahwa perayaan natal tahun ini pasti lebih menyenangkan dibanding sebelumnya. Akan tetapi, dia menyayangkan absennya para jemaah dari luar negeri yang biasa datang meramaikan perayaan Natal di sana.

"Dibandingkan Natal tahun lalu, partisipasinya jauh lebih besar dan ini pertanda menggembirakan," katanya kepada jemaah yang hadir mengenakan masker.

Nuansa Natal yang berbeda juga dirasakan masyarakat di Benua Eropa. Pemerintah negara-negara Uni Eropa kini kembali menerapkan kebijakan keamanan yang ketat, dan berdampak pada berkurangnya nuansa bahagia saat Natal.

Kebijakan ketat diambil salah satunya oleh Pemerintah Belanda yang kembali melakukan lockdown sementara. Kemudian, Spanyol dan Italia mewajibkan masyarakat untuk kembali memakai masker di luar ruangan. Di Inggris, jumlah infeksi Covid-19 telah mencapai rekor tertinggi per Jumat (24/12/2021) dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyarankan warga untuk mendapatkan suntikan booster vaksin sebagai hadiah Natal.

Di Amerika Serikat (AS), Presiden Joe Biden dan istrinya Jill mengunjungi rumah sakit anak-anak untuk melakukan tradisi natal yaitu membaca buku bagi anak-anak. Pasangan itu mengobrol dengan pasien dan dokter, menunjukkan salah satu anak laki-laki foto 'Commander' - anak anjing baru mereka - sebelum duduk di kursi di samping pohon Natal dan membaca buku yang terinspirasi oleh film Disney 'Frozen'.


Penulis : Fanny Nurul Hotimah
Editor : Ade Lukman

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

KOMITMEN PEMDES RANJENG DALAM MEMAJUKAN BIDANG PER

KOMITMEN PEMDES RANJENG DALAM MEMAJUKAN BIDANG PERTANIAN SESUAI DENGAN JARGON ASLI WONG TANI RENDENG PANEN SADON DADI Musyawarah Kegiatan Pembentukan Mayor dan Mitra Cai desa Ranjeng

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397