Kamis, 22 Oktober 2020

Gila! Dituduh Curi Kayu, Petani Renta Dipenjara

Gila! Dituduh Curi Kayu, Petani Renta Dipenjara

HUKUM
19 Februari 2014, 00:46 WIB
Cuplik.Com - Indramayu - Selain dua aktivis petani asal Indramayu diseret ke sel, kini seorang petani tua renta dihukum penjara. Terdakwa dianggap telah mencuri delapan pohon jati di kawasan hutan milik Perhutani Indramayu.

Petani itu bernama Okih bin Iyan (60 tahun), divonis di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Indramayu dengan 7 bulan penjara dan denda Rp 500 ribu subsider 1 bulan, Selasa (18/2/14).

"Terdakwa bersalah telah mengambil kayu di kawasan hutan milik Perhutani," kata ketua majelis hakim, Sunarti.

Sebelumnya, oleh jaksa penuntut umum (JPU) Muhammad Erma, terdakwa dituntut 10 bulan penjara dan denda Rp 1 juta. Okih dijerat pasal pasal 50 ayat (3) huruf (f) UU Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan.

Atas vonis tersebut, penasehat hukum terdakwa Sepranadja berniat akan melakukan banding.

Awalnya kasus ini mulai dibawah ke ranah hukum pada Agustus 2013, Okih dituduh mencuri 8 batang kayu jati di desa Sanca kecamatan Gantar, wilayah hutan di Rph Tamansari BKPH Haurgeulis. Padahal Okih sendiri mengambil kayu dari garapannya sendiri sejak 2005 dan sudah turun temurun mengikuti yang dulu.

Saat itu bersamaan dengan lima aktivis dari Serikat Tani Indramayu (STI) sedang ditangkap dan diproses hukum oleh kepolisian Indramayu akibat adanya pembakaran beko.

Dari Lima itu, dua aktivis petani, Rojak (Sekjen STI) dan Khamzah Fansyuri, divonis 1,5 tahun penjara melalui ketua majelis hakim Marudut Bakara di Pengadilan Negeri Bandung pada Selasa, 21 Januari 2014 lalu. Kedua aktivis itu dianggap terbukti menghasut massa untuk menyerang dan merusak alat berat proyek waduk Bubur Gadung, Kabupaten Indramayu.


Penulis : Dewo
Editor : Dewo

Tag :

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr