Senin, 17 Februari 2020

GENPPARI Kagumi Tata Kelola Situs Gandoang dan Desa Wisata Wanasigra – Ciamis


RAGAM
4 September 2019, 12:02 WIB

Tim dari DPP Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI) mengunjungi Desa Wisata Wanasi (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Ciamis - Suatu saat di pagi yang indah, Tim dari DPP Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI) mengunjungi Desa Wisata Wanasigra – Ciamis, yang berbatasan dengan kota Tasikmalaya.

Sesampainya di lokasi tempat yang pertama kali dikunjungi adalah menemui Kepala Desa Wanasigra, yang juga ditemani oleh Kepala Dusun dan Abah Eko. Di tempat tersebut Tim GENPPARI disambut hangat dan akrab oleh jajaran aparat Pemerintah Desa yang ramah – ramah penuh nuansa kekeluargaan.

Setelah menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan, lalu disambut prakata dari Kepala Desa yang memaparkan gambaran tentang penataaan desa Wanasigra sebagai Desa Wisata. Terlebih di lokasi tersebut juga ada situs sejarah dan budaya yang bernama situs Gandoang.

Dede Farhan Aulawi, Ketua Umum GENPPARI berkenan menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh media terkait kunjungannya ke Desa Wanasigra.

Dede menyampaikan rasa bangga dan kagum pada semangat Kepala Desa yang didukung oleh segenap masyarakatnya dalam menata desa yang indah dan subur ini agar menjadi salah satu desa tujuan wisata.

Hal ini juga senafas dengan cita – cita luhur yang dimiliki GENPPARI dalam memajukan pariwisata Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Dede juga berpesan untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, karena salah satu masalah krusial dalam pengembangan pariwisata Indonesia adalah kesadaran kolektif masyarakat dalam menjaga kebersihan.

Namun, GENPPARI bangga dengan Desa Wanasigra dimana kebersihan lingkungannya benar – benar dijaga, bahkan ditata menjadi sangat indah.

“Ornamen keindahan alam ini adalah anugerah Allah yang harus dijaga. Ini adalah amanah buat seluruh masyarakat sebagai bagian dari rasa syukur kita," ucap Dede, Rabu 4 September 2019, kepada cuplikcom.

Selanjutnya tim GENPPARI juga diajak berjalan menelusuri jalan setapak yang ditata rapi di sepanjang pematang sawah yang juga di cat warna-warni seperti pelangi, sehingga jalan ini berubah nama menjadi Jembatan Pelangi Desa Wanasigra.

“Tidak banyak Kepala Desa yang kreatif seperti ini. Jika semua Kepala Desa di Indonesia seperti ini, maka yakin Indonesia akan cepat maju dan jaya serta rakyatnya bisa sejahtera," puji Dede pada Kepala Desa.

Dari Jembatan Pelangi, selanjutnya Tim menuju situs Gandoang yang terkenal dan banyak menjadi bahan pembicaraan masyarakat priangan. Di lokasi tersebut Tim memanjatkan do’a kepada Allah SWT untuk seluruh leluhur yang dimakamkan di lokasi tersebut.

Dan di lokasi ini pula Kepala Dusun menjelaskan secara lengkap dan detail segala hal terkait dengan situs sejarah dan budaya tersebut.

Termasuk keberadaan sebuah buku 36 halaman berisi naskah yang ditulis dengan huruf dan bahasa kuno, yang menguraikan tentang sejarah Wanasigra dan hal – hal lain yang belum bisa diartikan sepenuhnya karena keterbatasan ilmu yang dimiliki.

Di situs Gandoang ini ada prasasti dan makam Syekh Padamatang seorang pemuka agama Islam.

“Semoga situs sejarah dan budaya ini bisa tetap terjaga dan bisa dilestarikan sehingga bisa dikenal juga oleh generasi selanjutnya," harapnya.

Lalu sebelum mengakhiri kunjungan, Tim GENPPARI juga menelusuri sungai Citanduy yang rencananya akan ditata untuk lokasi wisata arung jeram, sehingga lokasi ini menjadi perpaduan wisata alam, wisata budaya dan spiritual, juga wisata hiburan.

"Lengkaplah Desa Wanasigra menjadi desa wisata 3 in 1. Silakan bagi yang belum pernah berkunjung ke sini, anda akanmenemukan sensasi keindahan yang begitu lengkap. Mampu menghilangkan dahaga akan keindahan alam yang bermuara pada rasa syukur kita pada Tuhan," tutup Dede.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

VIDEO

Aksi Warga Indramayu Usut Dugaan Korupsi Yance di Kejagung17/02/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN