Selasa, 14 Juli 2020

Korupsi PLTU, Dandim Pernah Dengar Yance jadi "ATM" Kejagung

Korupsi PLTU, Dandim Pernah Dengar Yance jadi "ATM" Kejagung

HUKUM
21 Maret 2014, 20:35 WIB
Cuplik.Com - Indramayu - Perkembangan kasus korupsi PLTU Sumuradem yang melibatkan mantan Bupati Indramayu Irianto MS SYafiuddin alias Yance masih belum jelas hingga kini. Diduga kasus ini sengaja dimolorkan agar Yance selalu menjadi "ATM berjalan" bagi oknum Kejagung RI yang ingin mengeruk keuntungan.

"saya juga mendengar kabar itu, tapi tak terlalu saya pikirkan, itu kan rumor, saya hanya konsentrasi pada kondusifitas Indramayu, termasuk politik, itu saja," ungkap Dandim 0616 Indramayu, Letkol CPN Asyik Rudianto SMn, kepada Cuplik.com, Jumat (21/3/14).

Oleh karenanya, pihaknya sebagai sesama Muspida bersama Polres dan Pemda Indramayu, menurutnya semua kalangan harusnya tenang menyikapi masalah ini, jangan sampai membuat suasana Pemilu 9 April 2014 di Indramayu nanti malah menjadi tidak kondusif.

"saya seperti mengurai benang kusut, dan menginginkan Indramayu tetap aman menghadapi Pemilu nanti", katanya.

Diketahui, pada 13 Desember 2010 Yance ditetapkan menjadi tersangka melalui Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Nomor: Print-205/F.2/Fd.1/12/2010. Yance dijerat Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 yang diperbaharui dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Yance dianggap memperkaya diri sendiri atau orang lain ataupun korporasi, serta menyalahgunakan wewenang yang saat itu menjabat menjadi Bupati Indramayu. Yance diancam maksimal 20 tahun penjara dan denda maksimal satu milyar rupiah.

Meski begitu, menurut Asyik, terlepas Yance terbukti atau tidak, selama ini suami dari bupati Indramayu Anna Sophanah itu selalu membangun Indramayu dan merupakan tokoh yang menjadi aset nasional.

"Bagaimanapun Yance adalah aset nasional. Dia di DPD Golkar diturunkan ke daerah, ada nggak orang Indramayu yang sukses di Jakarta, berfikir untuk membangun, tidak ada kan?" jelas Asyik.

Ia menegaskan, bahwa sosok Yance merupakan tokoh yang membangun untuk daerahnya. "Dia kan ketua partai, dan partai itu aset negara, sama halnya dengan Ketua Partai yang lain", tandasnya.

Kasus korupsi ini bermula sejak 2004, saat Panitia Pengadaan Tanah untuk Negara (P2TUN) Indramayu melakukan pembebasan lahan untuk lokasi PLTU seluas 82 hektare di Desa Sumuradem, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu. Lahan itu seharusnya dihargai Rp 22 ribu per meter persegi. Namun, dicantumkan harganya (mark-up) mencapai Rp 42 ribu per meter persegi. Dari penggelembungan itu, negara dirugikan hingga Rp 42 miliar.

Perkembangan terakhir, Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buron terpidana korupsi PLTU Sumuradem atasnama Agung Rijoto (AR) berhasil ditangkap oleh Kejagung setelah 1,5 tahun kabur.

Hingga saat ini belum ada perkembangan signifikan meskipun Kejagung sendiri sudah melakukan pemberkasan terhadap kasus Yance.


Penulis : Dewo
Editor : Dewo

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Jelang Lebaran, Relawan JPKP Tebar Sembako Bagi Warga Jabodetabek14/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461