Senin, 6 Juli 2020

Pedagang Pasar Baru Indramayu Mengeluh, Omzet Menurun Akibat Covid-19

Pedagang Pasar Baru Indramayu Mengeluh, Omzet Menurun Akibat Covid-19

EKONOMI
1 Juni 2020, 15:38 WIB

Pedagang Pasar Baru Indramayu (Cuplikcom/Andrian)

Cuplikcom - Indramayu - Mayoritas para pedagang di Pasar Baru Indramayu mengeluh atas omzet yang tak kunjung normal, bahkan mereka mengaku, telah mengalami penurunan omzet hingga 50 persen lebih semenjak merebaknya wabah virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Indramayu.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Baru (Asparu), Adang Wahyudi mengatakan, daya beli masyarakat mengalami penurunan drastis, termasuk saat momen-momen lebaran.

"Kalau lebaran itu bisa dapat sampai Rp 50 juta dalam seharinya, sekarang sih cuma Rp 10 juta," Jelasnya, Senin (1/6/2020).

Lebih lanjut Adang mengatakan, Banyak sebab yang mengakibatkan omzet tersebut menurun, diantaranya yaitu, berkurangnya penghasilan masyarakat, bahkan sampai di-PHK. Hal tersebut berimbas sepinya pembeli terhadap para pedagang yang berada di Pasar Baru Indramayu, padahal biasanya momen lebaran dimanfaatkan para pedagang untuk mendapatkan untung yang berlipat.

Adang juga mengaku, terlanjur menyetok barang dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Namun, barang dagangan tersebut justru kurang laku terjual.

Hal tersebut bisa dilihat dari stok barang dagangan yang menumpuk, diantaranya sembako, dan barang-barang lainnya yang ada di setiap lapak pedagang di Pasar Baru Indramayu.

"Salah strategi, karena prediksinya kan setiap kebutuhan masyarakat bertambah menjelang lebaran, dan stok pun saya sebagai pedagang pasti ditambah sampai dua kali lipatnya," tuturnya.

Ia juga menyampaikan, tidak sedikit masyarakat mengeluh ke asosiasi, mereka mengeluhkan atas omzet yang tidak kunjung stabil.

Hadirnya pasar modern Cipto Gudang Rabat yang berada tepat di samping pasar Baru Indramayu menambah keluhan para pedagang. Walaupun ditengah pandemi Covid-19, masyarakat yang berbelanja masih tetap banyak, karena mereka lebih memilih berbelanja di pasar modern yang ditunjang dengan fasilitas yang memadai, jauh halnya dengan fasilitas yang berada di pasar tradisional.

"Banyak keluhan yang disampaikan, keluhannya masih tetap sama dengan adanya distrubutor yang mengecer barang dagangan di samping pasar membuat pedagang di pasar tradisional kalah saing," ujarnya.

Padahal Pengadilan Tata Usaha Negera (PTUN) Bandung sudah mengeluarkan keputusan sidang, dengan menolak semua gugatan yang dilayangkan oleh Cipto Gudang Rabat pada bulan Maret 2020 lalu.

Hanya saja, riskuh tersebut kembali berlanjut setelah pihak Cipto Gudang Rabat mengajukan banding ke PTUN Jakarta.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Baru (Asparu), Adang Wahyudi mengatakan, para pedagang merasa keberatan dengan sikap tersebut.

Bahkan awalnya mereka berinisiatif ingin melakukan aksi unjuk rasa, mengingat kisruh berkepanjangan yang hingga saat ini tidak kunjung terselesaikan.


Penulis : Andrian Supendi
Editor : Andrian Supendi

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

VIDEO

Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang XXVII Bagi Masker Gratis6/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060