Selasa, 21 Mei 2019

Ribuan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Diberikan Bimbingan Usaha Ekonomi Produktif


SOSIAL
12 Mei 2019, 13:18 WIB

bimbingan sosial dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dengan berbagai ketrampilan oleh Dinas Sosial (Di (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Sebanyak 1.030 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kabupaten Indramayu diberikan bimbingan sosial dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dengan berbagai ketrampilan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indramayu, Marsono, melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Atu Ika Putri, menjelaskan,  pada tahun 2019 ini pihaknya akan melaksanakan bimbingan sosial serta pemberian bantuan modal berupa barang bagi penyandang PMKS  sebanyak 1.030 orang.

Sejak bulan Februari hingga dengan 2 Mei 2019 sudah terealisasi sebanyak 500 orang PMKS yang diberikan bimbingan sosial dan pelatihan ketrampilan.

"Sisanya sebanyak 530 PMKS akan kita laksanakan setelah Idul Fitri nanti. Insya Allah sebanyak 1.030 PMKS bisa kita selesaikan di tahun 2019 ini," tegas Atu. 

Atu menegaskan,  pemberian bimbingan sosial dan pelatihan ketrampilan ini merupakan amanat konstitusi yakni Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal dan Permensos Nomor 9 tahun 2018 tentang standar teknis pelayanan dasar pada standar pelayanan minimal bidang sosial di daerah provinsi dan kabupaten/kota. Serta berdasarkan data PMKS yang belum pernah memperoleh bantuan pelayanan di Kabupaten Indramayu.

Sebanyak 500 PMKS yang telah diberikan bimbingan sosial dan pelatihan ketrampilan yakni kelompok *lanjut usia misin produktif* melalui kegiatan keterampilan pembuatan anyaman kesed sebanyak 70 orang. 

*Anak terlantar* melalui kegiatan keterampilan pembuatan asesoris sebanyak 50 orang,  pembuatan bakso sebanyak 50 orang,  pangkas rambut sebanyak 100 orang. 

*Gelandangan dan pengemis* melalui  kegiatan keterampilan pembuatan anyaman kesed sebanyak 50 orang,  pangkas rambut sebanyak 50 orang,  dan pembuatan bakso sebanyak 50 orang. 

*Penyandang disabilitas* melalui kegiatan keterampilan pangkas rambut sebanyak 50 orang,  dan *eks tuna sosial* melalui kegiatan keterampilan pembuatan kue kering sebanyak 30 orang. 

"Untuk bimbingan sosial dan pelatihan bagi eks PSK dan kelompok minoritas ini kita lakukan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional lalu di Desa Majasari Kecamatan Sliyeg," katanya. 

Atu menambahkan,  dengan bimbingan sosial dan pelatihan ketrampilan bagi para PMKS ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan motivasi agar dapat terpenuhi kebutuhan dasar hidupnya dan dapat berfungsi sosial secara baik. Kemudian memberikan wawasan dan pengetahuan sebagai modal dasar dan mendapatkan ilmu keterampilan dalam berusaha,  dan diharapkan PMKS ini memiliki keterampilan UEP sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup dasarnya secara layak,  mandiri serta tidak bergantung pada orang lain. 

"Selain bimbingan sosial dan pelatihan keterampilan kita juga berikan bantuan modal berupa peralatan atau toolkit kepada para PMKS," kata Atu.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Pengajian Walimatul 'Ursy KH. Saeful Bahri (Baridinan) dari Cirebon | Part 1/321/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461