Kamis, 22 Oktober 2020

Anggur Merah Sehatkan Gigi

Anggur Merah Sehatkan Gigi

IPTEK
8 Desember 2009, 01:14 WIB
Cuplik.Com - Roma - Para peneliti di Pavia University, Italia, menemukan khasiat baru dari anggur merah. Minuman ini ternyata baik bagi kesehatan gigi.

Di dalam anggur merah terdapat bahan kimia yang dapat menangkis bakteri jahat penyebab kerusakan gigi. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry ini menyebutkan, rutin meminum anggur merah per hari membantu menyehatkan gigi dan mengurangi kebutuhan untuk tambal gigi.

Selain itu, anggur merah jika dikonsumsi dalam takaran sedang diyakini memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung dan mencegah beberapa jenis kanker. Demikian keterangan yang dikutip dari Daily Mail, Senin (7/12/2009).

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan juga telah meneliti kemungkinan efek anggur merah dalam mencegah kerusakan gigi. Tahun lalu, tim dari AS menemukan bahwa senyawa kimia yang terkandung dalam jumlah besar pada biji dan kulit anggur bisa menghambat kemampuan bakteri corrosive melekat pada enamel gigi.

Salah satu bakteri yang paling merusak yaitu streptococcus mutan. Bakteri ini hidup dalam mulut dan mendapatkan makanan dari gula diet. Sekali menempel pada gigi, organisme ini akan memicu proses demineralisasi yang membentuk lubang di gigi.

Dalam studi terbaru di Italia ini para ilmuwan memapar bakteri dengan sejumlah kecil anggur merah tanpa alkohol. Alkohol dari anggur diangkat untuk melihat komponen apa yang berperan.

Hasilnya memperlihatkan, organisme berbahaya tidak bisa menempel ke gigi dan air liur saat terpapar dengan anggur merah.

Menurut peneliti, bahan aktif yang berperan adalah senyawa yang disebut proanthocyanidins, yaitu zat kimia kaya antioksidan yang banyak ditemukan pada kulit anggur.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461