Rabu, 4 Agustus 2021

Hamid Karzai Janji Ubah UU Perkawinan

Hamid Karzai Janji Ubah UU Perkawinan

LUAR NEGERI
28 April 2009, 00:05 WIB
Cuplik.Com - KABUL — Presiden Afganistan Hamid Karzai, Senin (27/4), berjanji untuk mengubah UU Perkawinan negeri itu yang dikritik banyak kalangan internasional sebagai undang-undang yang melanggar hak asasi manusia.

Seperti diberitakan, undang-undang perkawinan yang baru mendapat persetujuan bulan lalu itu dikritik banyak kalangan karena memberi kebebasan kepada suami untuk meminta istri melayaninya di ranjang empat hari sekali, meskipun sang istri sedang sakit atau sedang tidak bisa melayani.

Dalam undang-undang itu juga disebutkan secara rinci kapan dan untuk keperluan apa seorang istri boleh keluar rumah seorang diri.

UU itu sebenarnya hanya akan diberlakukan di negara bagian Shiites yang berpenduduk tak lebih dari 20 persen dari total penduduk Afganistan yang 30 juta jiwa. Meski demikian, keberadaan UU itu dikhawatirkan menjadi awal bagi kembalinya pengekangan terhadap perempuan, seperti pernah dilakukan rezim Taliban (1996-2001). Ketika itu, perempuan diwajibkan mengenakan burka yang menutup seluruh tubuhnya, kecuali mata. Kaum perempuan juga dilarang keluar rumah tanpa didampingi lelaki yang menjadi muhrimnya.

Terhadap undang-undang yang dinilai diskriminatif bagi perempuan itu, sejumlah negara mengecamnya. Presiden AS Barrack Husein Obama bahkan menyebut UU itu menjijikkan.

Menanggapi kecaman dunia itu, Presiden Hamid Karzai beberapa waktu lalu sudah berjanji akan mengubahnya, tetapi pernyataannya hari ini merupakan pernyataan paling tegas.

"Amandemen akan segera dilakukan. UU itu tidak akan melawan hak asasi, khususnya hak asasi masyarakat Afganistan," kata Karzai kepada wartawan dalam sebuah konferensi pers bersama PM Inggris Gordon Brown, Senin. Brown sendiri menyatakan telah mendiskusikan UU kontroversial itu dengan Karzai.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726