Rabu, 19 Januari 2022

Kominfo Targetkan 200 ribu Peserta Pelatihan Ekonomi Digital di 2022

Kominfo Targetkan 200 ribu Peserta Pelatihan Ekonomi Digital di 2022

IPTEK
31 Desember 2021, 08:15 WIB

CuplikCom-Kominfo-Targetkan-200-ribu-Peserta-Pelatihan-Ekonomi-Digital-di-2022-31122021081705-kominfo-dedy-permadi-rilis-konpres-virtual-AYH.jpg.webp

Foto: Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi (Cuplikcom/Fanny Nurul Khotimah)

Cuplikcom-Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menargetkan total 200.000 peserta pelatihan di bidang ekonomi digital pada 2022.

Jumlah tersebut terdiri dari masing-masing 100.000 peserta untuk program startup digital dan 100.000 peserta untuk program digitalisasi UMKM.

“Kominfo turut mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital melalui program startup digital dan digitalisasi UMKM,” kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, saat konferensi pers di Jakarta, ditulis Jumat.

Dedy mengatakan program startup digital bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku bisnis di sektor tersebut mulai dari level pengenalan hingga business matchmaking untuk meningkatkan potensi pendanaan guna pengembangan skala usaha.

Pada tahun 2022, Kominfo akan melanjutkan program pengembangan startup digital yang sudah berjalan pada tahun ini.

Lebih rinci, 100.000 peserta diharapkan dapat mengikuti program tersebut, termasuk Sekolah Beta yang memberikan literasi dasar terkait startup dan Gerakan 1.000 Startup Digital yang memfasilitasi inkubasi.

Selain itu, program juga mencakup startup studio.id yang memfasilitasi product-market-fit, hub.id yang memfasilitasi business matchmaking dan peluang investasi, serta Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) yang memberikan mentorship kepada para pengembang game lokal.

Terkait dengan digitalisasi UMKM, Kominfo menargetkan 100.000 peserta dapat terfasilitasi dalam program terutama di level active selling atau level lanjutan setelah digital on-boarding pada tahun depan.

Program fasilitasi active selling juga telah dilaksanakan pada tahun ini. Selain itu, untuk mendukung digitalisasi UMKM, Kominfo juga telah melaksanakan program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dan memfasilitasi UMKM di 10 kawasan wisata prioritas pada 2021.

“Peserta program telah mendapatkan pelatihan dan starter kit paket data, aplikasi agregator, aplikasi point of sales, serta learning management system,” kata Dedy.

Dedy mengatakan pihaknya masih menemukan sejumlah tantangan untuk melakukan optimalisasi ekosistem ekonomi digital, seperti jumlah sumber daya manusia (SDM) di bidang digital yang belum memadai, pembukaan akses pasar pendanaan yang terbatas, hingga banyaknya UMKM yang belum memiliki akses keuangan dan perbankan.

Selain itu, tantangan lainnya termasuk infrastruktur logistik yang belum optimal di seluruh Indonesia serta budaya dan etika berbelanja daring yang kurang atau belum teredukasi secara maksimal.

“Itu semua akan menjadi perhatian serius Kominfo sehingga kita bisa bersama-sama dengan ekosistem melakukan optimalisasi ekonomi digital di tahun yang akan datang,” tutur Dedy.


Penulis : Fanny Nurul Hotimah
Editor : Ade Lukman

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

KOMITMEN PEMDES RANJENG DALAM MEMAJUKAN BIDANG PER

KOMITMEN PEMDES RANJENG DALAM MEMAJUKAN BIDANG PERTANIAN SESUAI DENGAN JARGON ASLI WONG TANI RENDENG PANEN SADON DADI Musyawarah Kegiatan Pembentukan Mayor dan Mitra Cai desa Ranjeng

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060