Minggu, 29 November 2020

Tersingkabnya Situs Pemujaan Zaman Majapahit di Punten

Tersingkabnya Situs Pemujaan Zaman Majapahit di Punten

IPTEK
21 April 2009, 02:56 WIB
Cuplik.Com - Situs Gading Melati di Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Senin (20/4) mulai dieskavasi oleh tim dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan Jawa Timur. Situs pemujaan ini diduga peninggalan zaman Kerajaan Majapahit.

Eskavasi rencananya dilakukan 20-27 April ini, melibatkan sembilan anggota tim dari BP3 Trowulan. Pada proses hari pertama, baru dilakukan pengukuran topografi lahan situs seluas 10x10 meter tersebut.

"Kami melakukan penggalian untuk penyelamatan terhadap situs sejarah ini. Kegiatan ini untuk mengetahui dan membuktikan apakah situs ini benar-benar candi pemujaan zaman Majapahit atau bukan," tutur Prapto Saptono, salah seorang tim ahli dari BP3 Trowulan, Senin di Batu.

Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan itu mengatakan bahwa indikasi bahwa situs itu merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit antara lain terlihat dari adanya tumpukan batu-batu bata yang biasa ditemukan di era Majapahit, adanya lingga-yoni (yoni diperkirakan sudah hilang), dan sebagainya.

"Hasil eskavasi ini kalau memang benar candi, maka harus dilestarikan sebagai salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit abad 13-14 masehi," ujar Prapto.

Prapto menegaskan bahwa jika benar di situs Gading Melati ditemukan sejumlah unsur seperti lingga-yoni, perwara (berupa titian trimurti yaitu angsa, nandi dan ganesha), maka situs tersebut benar-benar merupakan candi pemujaan abad Majapahit.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726