Sabtu, 18 September 2021

Polri Sebut Tidak Semua Wilayah Papua Terjadi Kekerasan Oleh KKB

Polri Sebut Tidak Semua Wilayah Papua Terjadi Kekerasan Oleh KKB

HUKUM
22 Juni 2021, 20:25 WIB

CuplikCom-Polri-Sebut-Tidak-Semua-Wilayah-Papua-Terjadi-Kekerasan-Oleh-KKB-22062021202759-20210622_202111.jpg

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono (Cuplikcom/ M.Riko Indrianto)


Cuplikcom-Jakarta-Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri memaparkan tidak semua wilayah di Papua terjadi kekerasan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hal itu dikatakan Baintelkam Polri  di depan mahasiswa peserta seminar nasional yang digagas BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

"Namun tidak semua wilayah di Papua terjadi kekerasan bersenjata, namun hanya di beberapa kabupaten antara lain Kabupaten Puncak, Intan Jaya, Nduga, dan Mimika,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono dalam keterangan tertulis yang diterima Cuplikcom di Jakarta, Selasa (22/6/2021)

Argo menyebutkan seminar nasional BEM PTM tersebut menghadirkan Kepala Badan Intelkam Polri Komjen Pol Paulus Waterpauw yang merupakan putra asli Papua sebagai salah satu pembicara kunci.

Dalam seminar tersebut, kata Argo, dipaparkan pokok-pokok pemikiran mengenai Papua dan segala macam dinamika dari sisi Polri.

"Provinsi Papua mempunyai wilayah yang cukup luas, karakterisnik, unik, dan memiliki kekayaan alam melimpah. Namun, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Papua adalah yang paling rendah di Indonesia," kata Argo mengulang paparan Kabaintelkam Polri.

Di sisi lain, lanjut Argo, sejak tahun 1963 saat Papua kembali kepada pangkuan ibu pertiwi, proses internalisasi nilai-nilai Pancasila belum tuntas ditambah adanya akumulasi kekecewaan masyarakat Papua atas kesenjangan pembangunan yang terjadi, baik bidang ekonomi, kesejahteraan, dan pendidikan.

Dalam seminar itu, kata Argo, Baintelkam Polri memaparkan bahwa terdapat empat aspek krusial sebagai akar dari berbagai permasalahan penegakan hukum di Papua, yaitu aspek politik kolonialisme, aspek ekonomi dan kesejahteraan, aspek sosiokultural dan aspek idiologis serta nasionalisme.

Kemudian, kata Argo, salah satu spesifikasi ancaman kerawanan yang membedakan antara Provinsi Papua dengan provinsi lain di Indonesia adanya gangguan kamtibmas yang ditimbulkan aktivitas KKB.

Untuk itu, lanjut Argo, Polri mengajak elemen mahasiswa dan pemuda agar menjadi 'pioner of problem solving' dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di lingkungan sekitar, termasuk 'pioner of nationalism' untuk mengikis ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan pioner kebangkitan, kemandirian, dan kesejahteraan Papua.

"Mahasiswa harus menjadi pioner dalam menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke," kata Argo.

Seminar Nasional BEM PTM diikuti sekitar 100 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta.


Penulis : M Riko Indrianto
Editor : Ade Lukman

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475