Minggu, 27 September 2020

Ciderai Demokrasi, PJI Desak KPU Pusat Evaluasi Komisioner KPU Indramayu

Ciderai Demokrasi, PJI Desak KPU Pusat Evaluasi Komisioner KPU Indramayu

POLITIK
6 September 2020, 18:22 WIB

CuplikCom-Ciderai-Demokrasi,-PJI-Desak-KPU-Pusat-Evaluasi-Komisioner-KPU-Indramayu-06092020183802-kpu_indramayu_23244.jpg

Kantor KPU Indramayu (cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat lakukan evaluasi serius terhadap para komisioner KPU Indramayu, pasalnya ketua KPU Indramayu dinilai telah menciderai demokrasi karena membuat kericuhan dengan jurnalis dan membatasi peliputan media.

"Kami mendesak KPU pusat untuk lakukan evaluasi serius atas perbuatan komisioner KPU Indramayu, karena jelas sebagai penyelenggara Pemilu mestinya menegakkan demokrasi dan bukan malah menciderai demokrasi," ujar ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Indramayu, Eka Mardiana, Minggu (6/9/2020).

Eka menjelaskan, menurut UU nomor 40 tentang Pers pada Pasal 18 sangat tegas dan jelas disebutkan bahwa siapa pun orang dilarang menghambat dan menghalangi kerja-kerja peliputan wartawan.

"Bahkan itu sudah pidana, bisa diancam dua tahun penjara, jika memang benar-benar bermaksud begitu," terang Eka.

Perilaku ketua KPU Indramayu yang membatasi peliputan, kata Eka, dapat diartikan sebagai perbuatan yang menghalangi dan kerja peliputan jurnalis, karena bisa jadi pemahaman komisioner KPU Indramayu terlalu sempit dalam menafsirkan pembatasan.

"Harusnya bukan begitu penerapan pembatasannya, mestinya yang dibatasi itu jumlah jurnalis per media, bukan yang dibatasi itu medianya, karena semua media berhak meliput dan dilindungi UU Pers," terang Eka.

Selain itu, Eka menambahkan, kapasitas Ketua KPU saat ditanya soal kebijakan pembatasan, dijawab tidak secara ilmiah, malah justru menjawab tidak tahu.

Sehingga, menurut Eka, kredibilitas dan kapasitas komisioner KPU Indramayu sangat dipertanyakan untuk mengemban tugas menjadi penyelenggara Pemilu, sebagai penegak demokrasi pada Pilkada Serentak 2020.

"Harusnya komisioner mengetahui kebijakannya seperti apa, dan alasannya apa, kok malah jawabnya tidak tahu," ketus Eka.

Sebelumnya terjadi kericuhan antara ketua KPU Indramayu dan puluhan jurnalis akibat tak dibolehkannya masuk, dan hanya dibatasi lima orang, sementara jumlah wartawan lebih dari 50 orang. (Baca: Pembatasan Peliputan, Ketua KPU Indramayu Ribut Dengan Wartawan)
 

 


Penulis : Andrian Supendi
Editor : Almak

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060