Senin, 30 November 2020

Mahasiswa IPB Asal Indramayu Sukses Ciptakan Alat Hand Sanitizer Steril

Mahasiswa IPB Asal Indramayu Sukses Ciptakan Alat Hand Sanitizer Steril

IPTEK
22 Agustus 2020, 16:24 WIB

CuplikCom-Mahasiswa-IPB-Asal-Indramayu-Sukses-Ciptakan-Alat-Hand-Sanitizer-Steril-22082020162904-IMG_20200822_162232.jpg

Alat Hand Sanitizer steril dengan nama Taouchlest Hand Sanitizer (Cuplikcom/Andrian)

Cuplikcom - Indramayu - Sejumlah mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) asal Kabupaten Indramayu sukses membuat terobosan dengan menciptakan alat Hand Sanitizer yang steril dari sentuhan para pemakai. Alat itu diberi nama Taouchlest Hand Sanitizer.

Mahasiswa IPB asal Kabupaten Indramayu tersebut adalah Fahmi Rachmadi Wijaya Kusuma dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian, Aldi Destia Lesmana dari Departemen Fisika Fakultas MIPA, serta Abdurachman dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian. Mereka tengah melaksanakan KKN-T di Desa Juntinyuat Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu.

Ketua Koordinasi Lapangan KKN-T IPB asal Kabupaten Indramayu, Fahmi Rachmadi Wijaya Kusuma menyebutkan, Taouchlest Hand Sanitizer dibuatnya selama 2 hari yang berfungsi sebagai alat Cuci Tangan dengan Hand Sanitizier menggunakan sensor ultrasonic. Dimana para pemakai hanya cukup mendekatkan kedua tangan, kemudian secara otomatis alat tersebut mengeluarkan air dengan sendirinya.

Ia menjelaskan, prinsip kerja Touchless Hand Sanitazer ini terdapat 4 komponen utama yaitu Arduino Uno sebagai Micro Controler atau sebagai otak pengontrol alat tersebut, dan Relay 1 Chanel untuk memutus dan menyambungkan tegangan. Sementara sensor ultrasonik sebagai penerima dan Waterpump DC sebagai pompa air.

“Alat ini menggunakan sensor ultrasonik yang mana jika tangan kita didekatkan ke sensor tersebut maka akan mengirimkan sinyal ke relay untuk menyalakan arus sehingga waterpump akan menyala untuk memompa cairan handsanitzer,” jelasnya di Indramayu, Jum’at (21/8/2020).

Ia mengaku, karena sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat agar terhindar dari Virus Corona Desease (Covid-19), pihaknya secara langsung menyerahkan alat Taouchlest Hand Sanitizer kepada Pemerintah Desa Juntinyuat dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Indramayu.

“Kami sudah menghibahkan alat ini kepada Pemdes Juntinyuat dan BAPPEDA Kabupaten Indramayu, sebagai dedikasi kami untuk tanah kelahiran kami dengan menyumbangkan ilmu yang selama ini kami dapatkan dan berguna untuk kepentingan masyarakat ditengah wabah Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu Kasubdit Pemerintahan dan Sosial Budaya BAPPEDA Kabupaten Indramayu, Sutangi menyampaikan, bahwa pihaknya sangat senang dengan kontribusi mahasiswa asal Indramayu menciptakan sebuah terobosan yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi yang sudah dilakukan mahasiswa KKN-T IPB asal Kabupaten Indramayu ini, yang menciptakan alat Hand Sanitizer sensor. Ini bukti bahwa mahasiswa sebagai generasi penerus pembangunan Daerah Kabupaten Indramayu wajib berkontribusi langsung untuk masyarakat dan Daerah,” katanya.

Selanjutnya hasil temuan alat Touchless Hand Sanitizer dari mahasiswa KKN-T IPB asal Kabupaten Indramayu, pihaknya akan mencatat dan mendaftarkannya sebagai hasil inovasi Daerah.

“Dengan temuan alat Touchless Hand Sanitizer ini semoga Indramayu bisa kembali meraih peringkat pertama inovasi Daerah tingkat Propvinsi Jawa Barat,” ujarnya.


Penulis : Andrian Supendi
Editor : Andrian Supendi

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060