Selasa, 27 Oktober 2020

Tak Sesuai Kontrak, Buruh Migran Asal Indramayu Malah Didenda

Tak Sesuai Kontrak, Buruh Migran Asal Indramayu Malah Didenda

HUKUM
23 Desember 2012, 10:55 WIB
Cuplik.Com - Taiwan - Kartikaeni, 21 tahun, buruh migran asal Arjasari, Patrol, Indramayu meminta dipulangkan. Pasalnya, kontrak yang ditandatanganinya dulu tak sesuai dengan pekerjaannya sekarang. Selama enam bulan, perempuan yang akrab dipanggil Kartika ini mengerjakan pekerjaan rumah diluar porsi waktu dan tenaganya.

Kartika diminta untuk mengurusi pekerjaan rumah tangga di dua tempat. Satu di rumah majikannya sekarang, Ma Min Rung, dan satu lagi di rumah adik majikannya. Hal ini membuat Kartika tak memiliki hari libur, tidak sempat memegang ponsel, apalagi beribadah. Pekerjaan itu tidak tercantum ke dalam kontrak kerja yang dulu ditandatanganinya. Kontrak Kartika sebagai buruh migran adalah menjadi pengasuh bagi Ma Se Cien Cien, ibu Ma Min Rung.

Akibat ketidakadilan ini, Kartika sempat mengadu ke Biro Konseling BNP2TKI di Taiwan. Jenny, selaku konselor di biro tersebut sudah menegur Ma Min Rung, namun tak ditanggapi. Meskipun diancam, Kartika tak patah arang. Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taiwan disambangi Kartika lewat telepon. KDEI sudah memberi sanksi dan denda terhadap majikan serta agency penyalurnya.

Menurut Kakaknya, Iid Wahidin, saat ini Kartika berada di kantor Chia Hsin International Manpower Agency, di Taoyuan, Taiwan. Pihak penyalur tersebut meminta denda kepada Kartika sebesar 3,5 juta karena Kartika minta dipulangkan. Tak hanya itu, PT Sukses Bersama Yatfuari yang menjadi penyalur buruh migran di Indonesia juga meminta 20 juta akibat permintaan pulang Kartika itu.

Iid Wahidin akhirnya melaporkan masalah ini kepada Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu. Juwarih selaku Ketua SBMI Indramayu akan menindaklanjuti masalah ini ke pihak-pihak terkait.

"Selain menghubungi SBMI di Taiwan, kami akan mendatangi pihak-pihak terkait seperti PT Sukses Bersama Yatfuari, BNP2TKI, dan Kemenakertrans. Mereka semua harus bertanggung jawab terhadap masalah ini," pungkas Juwarih kepada Cuplik.com.


Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060