Senin, 26 Oktober 2020

Soal Ijazah Yance, Pegiat Hukum: Saatnya Penegak Hukum Bekerja

Soal Ijazah Yance, Pegiat Hukum: Saatnya Penegak Hukum Bekerja

HUKUM
12 Desember 2012, 11:44 WIB
Cuplik.Com - Indramayu - Perdebatan soal ijazah calon gubernur Jawa Barat, Irianto MS Syafiudin, semakin meruncing. Dalam akun twitter-nya, @yance_irianto, pria yang akrab dipanggil Yance itu menulis, "Kalau ada yang bilang Ijazah saya palsu, buktikan,"

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bupati Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Indramayu, Solihin, menduga Yance memakai ijazah palsu untuk mendaftar dalam kontestasi pemilihan gubernur Jawa Barat 2013.

Terkait polemik ini, pegiat hukum dari Kepala Divisi Hak Sipil dan Politik LBH Bandung, Sahali, memandang bahwa persoalan ini harus diselesaikan secara hukum, bukan berpolemik seperti sekarang.

"Ini ranah subjektif penegak hukum untuk menyelidiki. Kalau sudah ketemu fakta hukumnya, semuanya harus taat," ungkap pria yang sehari-hari berprofesi advokat ini.

Sahali menambahkan jika ditemukan fakta hukum bahwa ijazah itu asli atau tidak, maka tugas polisi menjelaskan kepada masyarkat apapun hasilnya, sehingga polemik ini tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, atau dipolitisir.

Begitupun, lanjut Sahali, jika memang polisi menemukan kebenaran bahwa ijazah itu palsu, Sahali menegaskan polisi juga harus berani menindak dengan tegas. 

"Yang jelas penegak hukum mesti proaktif dalam masalah ini. Jangan sampai polemik ini berlarut-larut dan meresahkan banyak pihak," pungkas pegiat hukum yang juga Sekjen BOR Indramayu ini.


Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726