Selasa, 29 September 2020

BBM Naik, BLT Tak Akan Menolong Rakyat

BBM Naik, BLT Tak Akan Menolong Rakyat

EKONOMI
25 Februari 2012, 18:22 WIB
Cuplik.Com - Jakarta - Rencana Pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi rakyat miskin, dalam rangka mengiming-imingi, dinilai kebijakan yang keliru, sebab BLT tidak akan menolong rakyat atas naiknya BBM yang mengakibatkan semua harga naik.

Presiden SBY sudah mengintruksikan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada 1 April 2012 mendatang, patut dipertanyakan, pasalnya kenaikan itu dibarengi dengan pemberian BLT selama delapan bulan sebesar Rp 100 ribu per bulan, namun ketentuan itu masih menunggu persetujuan DPR pada Maret 2012 mendatang.

"Subsidi apapun nama dan modelnya pasti tetap akan membebani APBN. Sehingga, biasanya kebijakan ini patut dipertanyakan sebab kebijakan subsidi akan lebih menguntungkan yang mengalokasikan dibanding yang menerima subsidi," ujar Sekretaris Indonesian Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus, Sabtu (25/2).

Ia juga menyatakan kebijakan BLT ini tidak akan mengurangi sedikit pun penderitaan rakyat, karena penerimanya tidak akan signifikan tertolong dari ril kehidupan nyata masyarakat.

"Subsidi langsung ibarat pagi hari memakaikan lipstik di bibir lantas siang hari sudah memudar," katanya mengandaikan.

Selain itu, ia juga mempertanyakan pemerintah menaikkan harga BBM dinilai tidak transparan, sebab tidak dijelaskan secara rinci kenaikan tersebut apakah sebelum apa sesudah subsidi itu dicabut dari harga riilnya, sehingga dinilai kebijakan ini tidak jelas dan terkesan ada modus-modus kepentingan tertentu.

"Mau menaikkan harga dengan menarik subsidi kemudian memberikan subsidi kembali. Ini kebijakan antah barantah. Apa ada kemungkinan ini modus money politik untuk kepentingan Pilpres 2014 calon dari Demokrat?" tandasnya.


Penulis : Dewo
Editor : Dewo

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr