Sabtu, 18 September 2021

Hari HAM, Oposisi Rakyat Akan Peringatkan Aparat

Hari HAM, Oposisi Rakyat Akan Peringatkan Aparat

POLITIK
9 Desember 2011, 22:45 WIB
Cuplik.Com - Indramayu - Dalam rangka memperingati hari HAM sedunia 10 Desember, Barisan Oposisi Rakyat (BOR) Indramayu akan melakukan aksi damai, menuntut Kepolisian untuk tidak menjadi 'anjing penjaga' bagi Pemerintah Daerah dengan melakukan tindakan represif terhadap masyarakat dan menghalang-halangi aspirasi rakyat.

"BOR Indramayu akan aksi untuk memperingati hari HAM sedunia. Akhir-akhir ini aparat kepolisian telah melakukan tindakan represif terhadap penggiat HAM di Indramayu," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) BOR, Sahali, Jum'at (9/12).

Dia memaparkan, pelanggaran HAM yang masih hangat dilakukan oleh aparat adalah mulai aksi SEPPUR pada 28 Oktober sumpah pemuda, mahasiswa yang mensikapi pungli kepolisian terhadap pelaksanaan pilkades, aksi Aliansi Masyarakat Peduli Desa (AMPD), serta aksi solidaritas mahasiswa yang mensikapi persoalan petani menolak penanaman pohon Jabon dengan Aliansi Masyrakat Anak Tani (AMAT).

Sehingga Sahali menilai aparat sudah melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia dengan melakukan tindakan represif yang mencoba menghalang-halangi aspirasi rakyat.

"Isu yang kami angkat adalah tolak represifitas aparat," tegas Advokat muda itu.

Aksi ini pun, lanjutnya, sebagai momen peresmian berdirinya BOR yang merupakan satu-satunya gerakan oposisi rakyat di Indramayu, beberapa elemen yang tergabung adalah PBHBM Indramayu, SBI-KASBI, FNB, SBMI, PMII, GMNI, KMDHI, BEM UNWIR, BEM KAMMI, dan Karang Taruna Puntang. Menurutnya, gabungan elemen tersebut kemungkinan akan bertambah seiring proses konsolidasi yang masih dilakukan hingga saat ini.

Selain itu, BOR menilai aparat juga telah melakukan pelanggaran HAM karena telah melindungi dan mempertahankan rezim pemerintah yang saat ini berkuasa, yakni dengan melakukan upaya represif terhadap masyarakat, sehingga rakyat takut untuk bersikap kritis terhadap kebijakan saat ini.

"Aparat lebih mengedepankan pengamanan terhadap kepentingan rezim dinasti (Bupati sekarang -red) dengan melakukan segala cara termasuk tindakan represif. Tidak melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat seperti yang diamanatkan UU Kepolisian. Jelas ini merupakan pelanggaran HAM," tandasnya.

Aksi rencananya akan membawa ratusan masa menuju Kantor Polres Indramayu dan Kantor Dandim (Komandan Distrik Militer) Indramayu.

Penulis : Dewo
Editor : Dewo

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899