Sabtu, 18 September 2021

Freeport Biang kerok Kerusuhan di Papua

Freeport Biang kerok Kerusuhan di Papua

POLITIK
30 Oktober 2011, 03:27 WIB
Cuplik.Com - Jakarta - Sehubungan dengan perkembngan kondisi di Papua, Indonesia Police Wacth (IPW) menilai bahwa konflik dan kekerasan yang terjadi di Papua disebabkan oleh ulah PT Freeport yang telah memanfaatkan pemerintah dan konflik horizontal di Papua.

"Presiden agar segera mengeluarkan kebijakan moratorium terhadap Freeport, sebab perusahaan tambang itu sudah menjadi biang kerok konflik Papua," ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta Satti Pane, Sabtu (29/10).

Selain itu IPW juga mendesak Presiden untuk meminta klarifikasi dari Kapolri sehubungan dengan keterangan PT Freeport yang menyatakan telah mengalokasikan dana 14 juta dolar AS perempat bulan kepada Polri dan meminta keterangan Panglima TNI sehubungan adanya sekitar 16 ribu personil TNI di Papua.

IPW juga mengingatkan agar Presiden tidak perlu berwacana yang tidak urgen, seperti permintaan pada jajaran Pemerintah, untuk berdialog dengan Amnesti International.

"Yang harus dilakukan Presiden adalah melakukan langkah-langkah konkrit. Sbb penyelesaian konflik di Papua tidak bisa hanya digantungkan pada Polri," jelasnya.

"Pemerintah pusat harus serius menyelesaikan masalah sosial dan politik disana, ada pun masalah keamanan, itu hanya efek dari ruwetnya masalah sosial dan politik di papua," imbuhnya.

Saat ini menurut Pane ada konflik segi tujuh di papua, yakni "antara rakyat yang tidak diperhatikan kesejahteraannya, buruh lokal Freeport yang didiskriminasi, kepentingan asing yang tetap ingin merampok kekayaan alam papua," paparnya,

"Elit-elit politik yang mengizinkan jatah, oknum aparat keamanan yang mau memperkaya diri sendiri, kelompok-kelompok sparatis yang ingin merdeka, dan pemerintah pusat. Semua berkecamuk jadi satu," tambahnya.

Penulis : Robidin
Editor : Robidin

Tag :

CURHAT RAKYAT

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475