Rabu, 19 Januari 2022

Swasta Punya Hutang Luar Negeri Hingga 17,4 Miliar Dollar AS

Swasta Punya Hutang Luar Negeri Hingga 17,4 Miliar Dollar AS

EKONOMI
1 Maret 2009, 04:38 WIB
Cuplik.Com - BANDUNG, SABTU - Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (BI), Made Sukada mengatakan, utang luar negeri (LN) milik swasta yang jatuh tempo pada 2009 senilai 17,4 miliar dollar AS. "Ini (utang) berdasarkan data BI yang didasarkan loan agreement (persetujuan pinjaman) milik swasta," katanya, dalam pelatihan wartawan perbankan yang diadakan BI di Bandung, Sabtu (28/2).

Menurut dia, jumlah utang luar negeri yang jatuh tempo tersebut masih dalam taraf yang bisa dikendalikan. "Apalagi kan kebanyakan tidak dibayar tunai lunas, biasanya masih bisa direstrukturisasi (diperpanjang)," katanya.

Sukada mengatakan, perpanjangan waktu pembayaran utang biasa terjadi di swasta. "Biasanya karena memang kedekatan bisnis, atau merupakan anak perusahaannya, sehingga bisa diperpanjang," katanya.

Made Sukada berharap, hal ini tidak akan menekan nilai tukar rupiah. "Kita sudah siap, dan mereka kan tidak serta merta semua langsung membayar utang, kan ada jangka waktunya sendiri-sendiri," katanya.

Sementara itu terkait nilai tukar rupiah, menurut dia, saat ini tekanan eksternal sangat kuat. Hal ini karena adanya penarikan dana oleh AS guna menutupi kerugian yang di derita negeri Abang Sam tersebut akibat krisis keuangan hebat yang terjadi karena subprime mortgage (krisis kredit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah), katanya.

Ia menambahkan, nilai tukar rupiah diperkirakan akan menguat jika restrukturisasi ekonomi Amerika Serikat selesai. Namun ia belum dapat memprediksikan sampai kapan proses restrukturisasi ekonomi Amerika selesai. "Hingga saat ini tidak ada yang mengetahui kapan krisis di AS itu mulai dapat dipulihkan," katanya.

Menurut dia, pihaknya sebagai otoritas moneter, akan terus berda di pasar dan siap untuk mengendalikan rupiah. "Kita tetap ada, yang penting tidak terjadi gejolak yang dalam baik menguat terlalu tajam atau melemah terlalu tajam, tidak baik untuk sektor riil," katanya.

Made mengatakan, posisi cadangan devisa 18 Februari 2009 senilai 51,06 miliar dollar AS, setara dengan 4,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri. "Cadangan devisa kita cukup kuat," katanya.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899