Sabtu, 18 September 2021

Kereta Api Tercepat Di Dunia Tempuh 394,2km/jam

Kereta Api Tercepat Di Dunia Tempuh 394,2km/jam

SOSIAL
27 Desember 2009, 12:20 WIB
Cuplik.Com - BEIJING: Jalur rel kereta api tercepat China yang melayani rute Wuhan–Guangzhou,kemarin,resmi dioperasikan.Kereta api yang melayani rute tersebut memiliki kecepatan maksimum 394,2km/jam dan memiliki waktu tempuh hanya tiga jam saja.

Sebelumnya,Kota Wuhan– Guangzhou yang berjarak 1.068 km ditempuh dalam waktu 10,5 jam. “Kami telah lama menantikan penyelesaian sekaligus pengoperasian awal kereta ini,”ungkap Manajer Hotel Yaochi di Xianning, Zheng Zengjin. Zengjin adalah salah satu dari 600 delegasi Kota Xianning yang menjadi penumpang pertama kereta Wuhan–Guangzhou.MerekaberangkatdariStasiunXianningUtara pukul 10 pagi waktu setempat.Dua jam kemudian, mereka akhirnya tiba di Kota Guangzhou yang saat itu bersuhu 20 derajat Celsius. Dia mengaku lega karena akhirnya China mampu menyelesaikan proyek kereta api tercepat ini.

”Saya tidak akan kelelahan seperti dulu lagi ketika harus duduk di dalam kereta api selama 10 jam,”imbuhnya. Jalur kereta api Wuhan– Guangzhou dikerjakan selama empat tahun membentang ribuan kilometer dengan 9 stasiun perhentian kereta.Para pelaku bisnis tentu sangat antusias lewat hadirnya kereta api terbaru China ini. Harga tiket yang tergolong murah (hanya 260 yuan atau sekitar USD38) dan waktu tempuh yang cepat, tentu, akan sedikit melegakan para penumpang kereta yang diburu oleh berbagai urusan penting. Guangzhou yang terletak di Provinsi Guangdong merupakan salah satu kawasan bisnis yang ramai. Letaknya yang berdekatan dengan Hong Kong turut menguatkan nadi perdagangan di Guangzhou.

Untuk menopang kegiatan bisnis di kota yang strategis ini, China mempersiapkan rencana besarnya. Akhirnya, pada 2005 lalu China memulai pengerjaan kereta api tercepat beserta relnya. “Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 394,2km/jam.Inilah kereta api tercepat di dunia,” tutur pimpinan biro transportasi Zhang Shuguang bangga. Awal Desember lalu,kereta telah diujicobakan untuk pertama kali dan berhasil. Sebagai perbandingan,kereta api di Jepang memiliki kecepatan rata-rata 243km/jam, sedangkan kereta api Prancis mampu mencapai angka 277km/jam.

Kini, kereta api terbaru China hadir dengan 100 angka kecepatan di atas Prancis. Sepertinya ambisi China belum tertuang sempurna. Negeri Tirai Bambu ini ternyata masih menyimpan obsesi untuk menyelesaikan proyek pembangunan rel kereta sejauh 86.000–120.000km.Jika proyek ini benar-benar terlaksana,maka jalur kereta api ini akan menjadi rangkaian rel kereta api terpanjang di luar Amerika Serikat (AS). Proyek ini saja belum cukup bagi China. Negeri pimpinan Presiden Hu Jintao ini telah mempersiapkan ambisinya yang lain, yaitu membangun 42 jalur kereta api tercepat sebelum tahun 2012. Pembangunan ini tentu bukan hanya obsesi belaka.

Nantinya, jalur kereta api ini diharapkan dapat menunjang roda perekonomian di China di sela-sela krisis ekonomi dunia. Untuk melaksanakan niatnya, pemerintah China telah merangkul sejumlah perusahaan teknologi asing seperti Siemens, Bombardier,dan Alstom. Sementara itu, juru bicara Kementerian Transportasi Wang Yongping menjanjikan bahwa sebelum 2012 nanti,perjalanan dari ibu kota China, Beijing,ke provinsi-provinsi lain hanya akan memakan waktu maksimum selama 8 jam. China terus berbenah dan membangun sistem transportasi, khususnya jalur kereta api. Tiga tahun mendatang, China siap meluncurkan kereta api cepat yang akan melayani rute Beijing dan Hong Kong.

Nantinya,jarak Beijing– Hong Kong yang kini ditempuh dalam waktu 23 jam akan terpotong menjadi 8 jam saja. Bukan hanya pelaku bisnis saja yang gembira mendengar peluncuran kereta api tercepat di dunia buatan China maupun rencana-rencana besar lainnya dari Negeri Tirai Bambu ini.Seorang masinis bernama Zheng Zengwu pun mengaku bangga pada perkembangan yang telah dicapai China dalam system transportasinya.

“ Teknologi transportasi China berkembang cepat. Sebagai masinis,saya pun merasa nyaman,”ujarnya.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397