Selasa, 27 Oktober 2020

Jangan Pernah Meremehkan Tipus

Jangan Pernah Meremehkan Tipus

GAYA HIDUP
19 November 2009, 08:45 WIB
Cuplik.Com - Penyakit yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi terutama di antara mereka yang super sibuk. Tak heran bila tipus seringkali dikaitkan dengan kecapekan? Apakah benar kecapekan menjadi penyebab tipus?

Prof. Dr. Djoko Widodo,SpPD-KPTI dari bagian Tropik Infeksi Ilmu Penyakit Dalam FKUI, menjelaskan tipus adalah penyakit infeksi sistemik yang disebabkan oleh kuman.

Tipus atau disebut juga demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii dan penyakit ini banyak terdapat di negara-negara berkembang seperti Indonesia karena makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri ini.

Jadi apa benar kalau kecapekan bisa menyebabkan tipus? Djoko menegaskan bahwa infeksi yang dialami seseorang tergantung beberapa hal seperti daya tahan tubuh, banyaknya kuman yang masuk serta keganasan kuman.

"Prinsip yang benar adalah saat daya tahan tubuh kita menurun akibat capek, maka tubuh bisa terkena infeksi. Namun perlu diingat, infeksi terjadi bukan hanya karena capek, tapi juga harus ada kuman yang masuk dan itupun masih tergantung jumlah dan keganasan kuman itu sendiri," ujarnya.

"Oleh sebab itu, jagalah daya tahan tubuh sebaik-baiknya karena infeksi apapun bisa terjadi bila daya tahan tubuh menurun," tambah Djoko yang ditemui KOMPAS.com di ruang prakteknya di Mitra International Hospital Jatinegara, Jakarta.

Bisa berbahaya
Djoko juga mengingatkan, jangan pernah meremehkan tipus. Menurutnya walau penyakit ini sering terjadi di masyarakat sehingga kadang dianggap biasa, tapi ternyata tipus bisa sangat berbahaya.

Hal ini disebabkan karena infeksi bisa menimbulkan kerusakan di tempat kuman berkembang di usus halus terutama bagian yang bernama plague peyeri. "Kuman tipus menyerang daerah tersebut dan dapat menjadi berbahaya jika sampai terjadi perforasi usus atau perdarahan usus serta infeksi berat, karena kuman tersebut menyebabkan gangguan organ sehingga mengancam nyawa Anda," terangnya.

Penulis : Risti Ulul Azmi
Editor : Risti Ulul Azmi

Tag :

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr