Minggu, 6 Desember 2020

Stimulus AS Berdampak Positif Bagi Indonesia

Stimulus AS Berdampak Positif Bagi Indonesia

EKONOMI
12 Februari 2009, 09:17 WIB
cuplik.com - JAKARTA - Pemerintah optimistis stimulus fiskal Amerika Serikat (AS) senilai USD829 miliar akan membantu mengurangi dampak krisis keuangan global di Indonesia. Anggaran stimulus yang sudah disepakati di tingkat Senat AS ini diharapkan dapat menggenjot perekonomian negara pusat krisis tersebut.

"Pada gilirannya akan menimbulkan kepercayaan para pelaku ekonomi," ujar Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional Mahendra Siregar di Jakarta, Rabu (11/2/2009).

Sebagai negara dengan skala ekonomi terbesar, lanjut dia, AS telah menularkan persoalan keuangannya kepada seluruh negara. Di Indonesia, pelambatan pertumbuhan ekonomi AS berdampak pada melesunya permintaan ekspor.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya memperkirakan pertumbuhan ekspor tahun ini, baik dari sisi nilai maupun volume hanya berada di kisaran 1-2,5 persen. Angka ini merosot tajam dari pertumbuhan tahun lalu yang mencapai sembilan persen.

Krisis ekonomi global, lanjut dia, berdampak pada melesunya permintaan dari pasar tujuan ekspor utama Indonesia, yaitu AS, Jepang, dan Uni Eropa. Ketiganya menyerap pangsa pasar ekspor Indonesia hingga 40 persen.

Sri Mulyani mengungkapkan, pemerintah semula memproyeksikan pertumbuhan ekspor bisa mencapai lima persen di tengah krisis ekonomi global pada tahun ini. Namun target tersebut dinilai Menkeu terlalu optimistis mengingat sejak Oktober kemarin hingga sekarang aktivitas ekspor menunjukkan tren melemah.

Mahendra melanjutkan, krisis yang terjadi saat ini terbagi atas dua bagian. Pertama, krisis yang mengancam pertumbuhan ekonomi seiring pelemahan ekspor dan melonjaknya angka pengangguran.

Satu lagi, krisis kepercayaan terhadap transaksi perekonomian, perbankan, dan keuangan. Sehingga, kata Mahendra, pertumbuhan perekonomian AS, menyusul berjalannya stimulus fiskal di sana akan membantu memulihkan kepercayaan di tingkat finansial tadi.

Meski demikian, Mahendra menekankan, stimulus fiskal AS tidak akan berarti bila pemerintah setempat menggunakannya untuk menyuntikkan dana pada perusahaan-perusahaan finansial yang bobrok. "Perusahaan yang tidak bertanggung jawab atau sembrono," kata dia.


Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475