Kamis, 1 Desember 2022

Camat Losarang Antusias Sambut Kirab Pusaka Leluhur Indramayu

Camat Losarang Antusias Sambut Kirab Pusaka Leluhur Indramayu

RAGAM
28 September 2022, 16:42 WIB

CuplikCom-Camat-Losarang-Antusias-Sambut-Kirab-Pusaka-Leluhur-Indramayu-28092022165050-IMG-20220928-WA0044.jpg

Kirab pusaka dan Obor Indramayu Bermartabat di kecamatan Losarang (Cuplikcom/Apip)

Cuplikcom - Indramayu - Kirab Pusaka Leluhur Indramayu adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Indramayu yang ke-495 tahun.

Setelah melintas dan singgah di beberapa Kantor Kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Indramayu, kini acara kirab pusaka milik leluhur Indramayu itu tiba di kantor Kecamatan Losarang tepat pada pukul 14.30 WIB.

Dengan didampingi oleh Danramil Losarang dan Perangakat pegawai Kecamatan Losarang, dan disaksikan oleh H. Dasuki juru pemelihara pusaka, Camat Losarang dengan penuh semangat menyambut kedatangan rombongan pengawal kirab pusaka tersebut. Dan prosesi selanjutnya Cakra Udaksana sebagai simbol pusaka milik leluhur Indramayu diestafetkan dari Camat Kandanghaur ke Camat Losarang.

"Dengan prosesi acara ini, maksud dari kami adalah untuk menghormati leluhur pendiri Kabupaten Indramayu.," ucap Boy Billy Prima, S.STP., Camat Losarang kepada cuplik.com, rabu (28/9/2022).

Mudah-mudahan dengan berjalannya ptosesi ini, dapat membawa keberkahan dan kemudian bisa menciptakan kondisifitas wilayah. Dan prinsipnya, kami sebagai anak cucu Indramayu merasa senang dan bangga sekali. Dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Bupati Indramayu yang sudah memfasilitasi kegiatan ini sehingga masyarakat bisa melihat lebih dekat, bisa berfoto lebih dekat, dan masyarakat pun turut merasa bangga dan senang mengikutinya. Tambahnya

Sementara itu, sebelumnya diberitakan bahwa Kirab Pusaka yang dilepas oleh Bupati Indramayu Nina Agustina pada hari selasa (27/9/2022) di Kantor Pendopo itu akan melintas di 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu.

Sesuai informasi, pusaka  yang diarak tersebut diantaranya meliputi pusaka Cakra Udaksana Kiai Tambu, Gagak Pernala, Galak Handaka, Oyod Mingmang Latamosandi, Jubah Tamba Sewu, dan senjata pusaka lainnya.

Sebelumnya dikatakan oleh Bupati Indramayu Nina Agustina pada saat acara pelepasan rombongan, kirab pusaka yang terdiri dari benda-benda pusaka atau senjata milik Raden Bagus Arya Wiralodra yang merupakan pendiri Kabupaten Indramayu adalah bertujuan untuk dikenang oleh masyarakat Indramayu pada momen Hari Jadi Kabupaten Indramayu yang ke-495 tahun.

"Kirab pusaka ini dimaksudkan supaya seluruh lapisan masyarakat Indramayu dapat mengetahui peninggalan-peninggalan para leluhur Indramayu, dan upaya kita sebagai generasi penerus dalam rangka menumbuhkan kesadaran akan pentingnya melestarikan dan menjaga budaya daerah," tandas Bupati Nina Agustina

Selain kirab pusaka pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-495, kirab ini juga dibarengi dengan adanya Obor Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

Obor Indramayu Bermartabat diambil dari api abadi yang ada di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan memiliki tujuan untuk menumbuhkan rasa bangkit dan semangat berjuang masyarakat, khususnya kawula muda Indramayu dalam rangka mewujudkan Indramayu Bermartabat.

"Dengan adanya obor Bermartabat yang turut mengiringi kirab pusaka bertujuan menumbuhkan semangat masyarakat, khususnya kawula muda untuk bangkit dan berjuang mewujudkan Kabupaten Indramayu yang Bermartabat," pungkas Bupati Nina Agustina kemarin.


Penulis : Apip Nopianto
Editor : Almak

CURHAT RAKYAT

KOMITMEN PEMDES RANJENG DALAM MEMAJUKAN BIDANG PER

KOMITMEN PEMDES RANJENG DALAM MEMAJUKAN BIDANG PERTANIAN SESUAI DENGAN JARGON ASLI WONG TANI RENDENG PANEN SADON DADI Musyawarah Kegiatan Pembentukan Mayor dan Mitra Cai desa Ranjeng

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060