Rabu, 18 Mei 2022

Jokowi Harap Anak Muda RI Kuasai Bisnis Ekonomi Digital

Jokowi Harap Anak Muda RI Kuasai Bisnis Ekonomi Digital

EKONOMI
17 Januari 2022, 12:58 WIB

CuplikCom-Jokowi-Harap-Anak-Muda-RI-Kuasai-Bisnis-Ekonomi-Digital-17012022125939-IMG_20220117_114513.jpg.webp

Foto: Presiden Joko Widodo (Cuplikcom/Fitriyah Jewellery Farsih)

Cuplikcom-Bandung-Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar anak muda berpartisipasi aktif, dan menguasai  bisnis ekonomi digital Indonesia. Tujuannya agar bisnis ini tak dikuasai pihak asing.

Jokowi mengungkapkan Indonesia memiliki potensi besar di sektor ekonomi digital. Pasar digital Indonesia tumbuh sangat pesat dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Pada 2025 pasar digital Indonesia diprediksi meningkat hingga US$146 miliar atau setara Rp 2.100 triliun.

"Ini bagian yang muda-muda untuk mengerjakan ini, jangan diambil oleh negara-negara lain, dan Indonesia memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi digital di Asia Tenggara," ujarnya dalam Pidato Kunci Dies Natalis 67 Universitas Parahyangan, Bandung, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Jokowi menambahkan Indonesia berkontribusi 40% pada ekonomi digital Asia Tenggara. Indonesia memiliki 8 unicorn yang merupakan terbanyak di Asia Tenggara dan satu Decacorn. Di antaranya ada Gojek, Tokopedia hingga Traveloka.

Jokowi menjelaskan untuk memaksimalkan ekonomi digital, pemerintah telah membangun infrastruktur yang mendukung. Pada 2021 telah dimulai proses konstruksi satelit multifungsi Satria Satu hingga Pembangunan BTS telekomunikasi yang mulai dilakukan pada 12.500 desa dan kelurahan yang belum memiliki Akses 4G.

Namun ada satu masalah yang harus diselesaikan untuk memaksimalkan ekonomi digital Indonesia. Yaitu, sumber daya manusia (SDM) atau talenta digital.

"Ini yang menjadi tanggung jawab besar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempersiapkan ini dan Kementerian-kementerian lain, karena tanpa adanya SDM yang baik, saya ragu ekonomi digital kita ini akan bisa melompat dan kuenya bisa kita ambil," terang Jokowi.

Jokowi pun meminta lembaga pendidikan tinggi agar menfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan talenta dan jangan dipagari dengan terlalu banyak program-program studi di fakultas.

"Berikan mahasiswa kesempatan untuk belajar kepada siapa saja, di mana saja. Mau belajar ke dunia industri silakan perbankan silakan. Belajar di luar kampus itu akan sangat bagus sekali sesuai dengan yang sering disampaikan Mendikbud mengenai kampus merdeka dan juga merdeka belajar."

"Kita harus betul-betul mampu menciptakan SDM unggul karena nanti semuanya akan hybrid, baik hybrid knowledge maupun hybrid skill. Sehingga semua mahasiswa ke depan harus paham mengenai matematika, mengenai statistik, mengenai ilmu komputer, paham bahasa bukan Inggris saja, tetapi bahasa coding."

"Hal yang lebih penting lainnya, mahasiswa harus disiapkan untuk selalu siap belajar, karena perubahan akan muncul setiap hari perubahan akan muncul setiap minggu, perubahan akan muncul setiap bulan, akan berubah terus dunia ini".


Penulis : Fitriyah Jewellery Farsih
Editor : Ade Lukman

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060