Rabu, 19 Januari 2022

Kejari Indramayu Bantu Pemda Selamatkan Aset Senilai Rp129 Miliar Lebih

Kejari Indramayu Bantu Pemda Selamatkan Aset Senilai Rp129 Miliar Lebih

HUKUM
11 November 2021, 15:39 WIB

CuplikCom-Kejari-Indramayu-Bantu-Pemda-Selamatkan-Aset-Senilai-Rp129-Miliar-Lebih-11112021154257-IMG_20211111_153827.jpg

Kepala BKD Kiri, Kasi Datun Kejari Indramayu Kanan (Cuplikcom/Andrian)

Cuplikcom - Indramayu - Kejaksaan Negeri (Kejari) Indramayu dampingi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menyelamatkan aset tanah yang belum bersertifikat.

Hal tersebut disampaikan oleh Nopridiansyah, selaku kepala seksi perdata dan tata usaha negara (Datun) Kejari Indramayu, pada Rabu (10/11/2021).

“Pendampingan hukum yang kami berikan bertujuan untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam menyelamatkan aset tanah yang belum bersertifikat, memberikan konsultasi dan bantuan hukum jika diperlukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi Pemda dan Badan Pertanahan Nasional (BPN_red) dalam pelaksanaan percepatan pensertifikatan," kata Nopri.

Pendampingan hukum dari Kejari kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Kantor BPN dalam pelaksanaan percepatan pensertifikatan tanah tahun 2021, telah berhasil mendongkrak penyelamatan tanah Pemerintah Kabupaten Indramayu. 

Capaian tersebut berupa penyelamatan 51 bidang tanah Pemerintah Kabupaten Indramayu senilai Rp. 129.593.020.007,- (Seratus Dua Puluh Sembilan Milyar Lima Ratus Sembilan Puluh Tiga Juta Dua Puluh Ribu Tujuh Rupiah) dengan pengamanan hukum berupa penerbitan sertifikat dari Kantor BPN.

Adapun tanah yang berhasil diselamatkan terletak di 9 wilayah Kecamatan, yaitu Kecamatan Pasekan, Sukagumiwang, Losarang, Kecamatan Sindang, Sukra, Lelea, Indramayu, Kandanghaur, dan Terisi.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Indramayu, Denny Achmad menjelaskan, bahwa berdasarkan UU No 16 tahun 2004 tugas dan wewenang Kejaksaan tidak hanya melakukan penuntutan, namun dalam pasal 30 ayat 2 menyebutkan di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau Pemerintah. 

"Fungsi itulah yang terkadang kurang dipahami oleh teman-teman di Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD. Hal tersebut sangat disayangkan karena Kejaksaan melalui bidang Datun dapat membantu optimalisasi kinerja dengan berkolaborasi melakukan pendampingan hukum (mewakili baik litigas maupun non litigasi_red), pertimbangan hukum (legal opinion_red), Legal Audit dan upaya hukum lainnya (menyelamatkan keuangan negara_red), yang seharusnya dapat dimanfaatkan," jelas Denny.

Di sisi lain, Kepala Bidang Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Indramayu, Maulana Malik mewakili Kepala BKD menuturkan, percepatan pensertifikatan untuk menyelamatkan aset pemerintah, perlu didukung oleh semua pihak.

"Kita bersyukur karena Pemerintah Kabupaten Indramayu, BPN, dan Kejaksaan Negeri Indramayu dapat bersinergi sehingga dapat melakukan pengamanan dan penyelamatan aset tanah yang signifikan di tahun 2021 ini," tuturnya.


Penulis : Andrian Supendi
Editor : Andrian Supendi

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah