Rabu, 1 Desember 2021

Buku Nikah Tak Terbaca, Seorang Pria Bikin Bingung Petugas Saat Urus Adminduk

Buku Nikah Tak Terbaca, Seorang Pria Bikin Bingung Petugas Saat Urus Adminduk

RAGAM
14 Oktober 2021, 21:52 WIB

CuplikCom-Buku-Nikah-Tak-Terbaca,-Seorang-Pria-Bikin-Bingung-Petugas-Saat-Urus-Adminduk-14102021215632-IMG_20211014_215056.jpg

Saat Pak Kursin mengurus dokumen kependudukan di Kantor Kecamatan Kedokanbunder (Cuplikcom/Andrian)

Cuplikcom - Indramayu - Petugas Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Kecamatan Kedokanbunder dibuat bingung oleh seorang pria yang mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk). Pasalnya, buku nikah yang dibawanya itu dalam keadaan sobek dan sudah tidak ada tulisan tinta.

Pria tersebut adalah Pak Kursin warga Desa Jayawinangun, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang mengurus Adminduk untuk membuat Kartu Keluarga (KK) dengan membawa buku nikah yang sudah rusak. Hal ini dilakukan karena KK sebelumnya hilang entah dimana pada saat dirinya melakukan pembongkaran rumah.

Seperti diketahui, sebagai salah satu syarat untuk membuat KK adalah harus melampirkan buku nikah. Pak Kursin datang ke kantor Kecamatan Kedokanbunder dengan membawa buku nikah sebagaimana dimaksud untuk memenuhi persyaratan.

Sesampainya di kantor kecamatan, ia langsung disambut oleh petugas, lalu menyampaikan maksud dan tujuannya serta mengeluarkan persyaratan yang dibutuhkan kemudian langsung diserahkan kepada petugas tersebut.

Ketika memeriksa buku nikah, petugas kebingungan karena buku sudah terpotong menjadi dua bagian, bahkan sudah tidak ada tulisan identitas yang biasa ditulis dengan tinta. Melihat kondisi demikian, petugas dapat memaklumi dan menanyakan langsung kepada yang bersangkutan tentang kapan menikah dan dengan siapa.

"Di buku nikahnya tidak ada tulisan karena sudah hilang termakan usia. Namun kita bisa mendapatkan informasi langsung dari yang bersangkutan tentang statusnya," kata Insi, petugas Adminduk Kecamatan Kedokan Bunder di kantornya, Kamis (14/10/2021).

Camat Kedokan Bunder, Andri M Shaleh menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi masyarakat yang memiliki tanggung jawab untuk menyimpan dan merawat dokumen kependudukan sejak lama.

"Ini luar biasa. Dokumen sejak tahun 1985 semenjak nikah masih ada dan tersimpan walaupun kondisinya sudah rusak," ujar Andri.

Sementara itu, Pak Kursin, seusai mengurus dokumen kependudukan menuturkan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh jajaran di Kantor Kecamatan Kedokan Bunder karena telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

"Alhamdulilah KTP dan KK saya sudah jadi semua dengan waktu yang tidak lama. Pelayanannya ramah, akrab dan ternyata membuat KTP dan KK itu gratis. Saya  mau bayar ternyata ditolak," tutur Kursin.


Penulis : Andrian Supendi
Editor : Andrian Supendi

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah