Selasa, 19 Oktober 2021

Kekerasan Terhadap Jurnalis Kembali Terjadi, Ketum PJI Tulis Surat Terbuka Untuk Kapolri

Kekerasan Terhadap Jurnalis Kembali Terjadi, Ketum PJI Tulis Surat Terbuka Untuk Kapolri

HUKUM
26 Juli 2021, 20:54 WIB

CuplikCom-Kekerasan-Terhadap-Jurnalis-Kembali-Terjadi,-Ketum-PJI-Tulis-Surat-Terbuka-Untuk-Kapolri-26072021205721-IMG_20210726_205025.jpg

Ketua Umum Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI), Hartanto Boechori (Cuplikcom/Andrian)

Cuplikcom - Indramayu - Secara umum bila jurnalis dihalang-halangi dalam melaksanakan tugas jurnalistik atau mengalami permasalahan terkait tugas jurnalistiknya, seyogyanya organisasi jurnalis yang bersangkutan melakukan pembelaan secara profesional proporsional. 

Namun, bila jurnalis mendapatkan perlakuan kekerasan saat melaksanakan tugas jurnalistik dengan benar, maka menjadi permasalahan bersama semua jurnalis/organisasi jurnalis/pers. Dan semua jurnalis/organisasi jurnalis wajib melakukan pembelaan secara profesional proporsional. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Persatuan Jurnalis Indonesia (Ketum PJI), Hartanto Boechori, dalam isi Surat Terbuka untuk Kapolri, Senin (26/7/2021).

"Kekerasan terhadap wartawan terulang lagi…, lagi… dan… lagi," tukasnya.

Hartanto menuturkan, kali ini terjadi di Medan Sumatera Utara. Pemimpin Redaksi media online JelajahPerkara.com, Persada Bhayangkara Sembiring, disiram sejenis air keras di bagian wajahnya oleh orang yang tidak dikenalnya hingga mengalami luka serius. Peristiwa itu terjadi pada Minggu malam 25 Juli 2021 sekitar pukul 22.00 WIB di Simpang Selayang, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara, dekat Lampu Lalu Lintas.

"Kuat dugaan motif penganiayaan terkait aktivitas pemberitaan oleh Korban tentang berbagai tindak pidana perjudian yang menggurita di Kota Medan dan kota lain," tuturnya.

Sementara itu melalui sambungan telpon rekan seprofesi korban, Bonni T Manullang menceritakan, bahwasanya sesaat setelah kejadian korban sempat menelpon dirinya untuk meminta pertolongan.

"Saya ditelepon dia (Korban/Persada_red), katanya ada yang menyiramkan air keras diwajahnya di Simpang Selayang dan meminta saya datang ke lokasi minta pertolongan. Kemudian setelah tiba di TKP langsung saya bawa ke RS Adam Malik menggunakan sepeda motor," ujar Bonni Senin (25/7/2021).

Lebih lanjut  Bonni menerangkan, korban datang ke tempat kejadian karena ada janji ketemuan dengan seseorang berinisial HST, merupakan orang kepercayaan atau kaki tangan bandar judi yang relatif besar di Medan. Menurutnya, antara korban dengan HST sudah pernah kenal sebelumnya, bahkan sudah pernah bertemu dua atau tiga kali.

“Begitu sampai di lokasi janji pertemuan di Simpang Selayang dekat Lampu Lalu Lintas, korban tidak melihat HST, korbanpun memberitahu HST lewat WhatsApp bahwa dirinya telah sampai. Sekitar 10 menit kemudian, dirinya didatangi dua orang berboncengan menggunakan motor Viksion, lalu pembonceng tersebut turun dan langsung menyiramkan cairan ke wajahnya yang kemudian diketahui sejenis air keras. Korban sempat melihat wajah penyiram, tetapi tidak pernah mengenalnya," terang Bonni.

"Sesaat setelah penyiraman, korban melihat HP. Ternyata Whatsapp HST yang biasanya berisi foto profil dirinya, saat itu kosong. Tidak ada gambar profilnya," sambungnya.

Bonni menambahkan, semua keterangan yang telah disampaikannya tersebut, merupak hasil penuturan korban kepada dirinya.  

“Sekarang korban baru dioperasi wajahnya," pungkas Bonni. 

Dari berbagai keterangan yang dihimpun dari rekan korban tersebut, maka Ketum PJI, Hartanto Boechori menyimpulkan, seharusnya Petugas Penegak Hukum, Polisi, tidak akan kesulitan menangkap para pelaku beserta dalang utama. 

Bila kejadian yang menimpa Korban terkait Mafia Perjudian dan kegiatan jurnalistiknya, Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) menyampaikan;

  1. Doa, semoga bung Persada Bhayangkara Sihombing segera pulih seperti sedia kala. 
  2. Mengutuk keras atas terjadinya tindakan biadab tersebut.
  3. Untuk mematahkan asumsi “bisik-bisik tetangga”/“rahasia umum” bahwa Mafia Perjudian berkembang subur khususnya di Sumatera Utara karena “ada main” dengan Petugas, maka Penegak Hukum wajib segera menuntaskan tindak pidana tersebut. Dan bila sampai besok Rabu 28 Juli 2021 para pelaku lapangan beserta “dalang” utamanya belum bisa ditangkap, Kapolri/Kapolda Sumatera Utara agar membentuk/memerintahkan Tim Khusus. Ini “ujian” bagi Polri. 
  4. Meminta semua rekan jurnalis khususnya anggota PJI dan semua organisasi jurnalis mengawal ketat kasus hukumnya hingga tuntas, serta berupaya membantu segera terungkapnya tindakan biadab itu. Dan khusus anggota PJI, agar melaporkan perkembangannya periodik kepada Ketua Umum PJI.

Penulis : Andrian Supendi
Editor : Andrian Supendi

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060