Rabu, 4 Agustus 2021

Dorong Ekonomi Pembudidaya, KKP Salurkan Bantuan Pakan Ikan Mandiri

Dorong Ekonomi Pembudidaya, KKP Salurkan Bantuan Pakan Ikan Mandiri

SOSIAL
22 Juli 2021, 04:32 WIB

CuplikCom-Dorong-Ekonomi-Pembudidaya,-KKP-Salurkan-Bantuan-Pakan-Ikan-Mandiri-22072021043338-20210722_042850.jpg

Dokumentasi Humas KKP (Cuplikcom/Fanny Nurul)


Cuplikcom-Jakarta-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) salurkan bantuan pakan ikan mandiri sebanyak 50 ton kepada sejumlah Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur pada 7 Juli 2021 lalu. Pakan ikan mandiri yang disalurkan merupakan hasil produksi dari unit kerja Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Tatelu.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (21/7) menjelaskan, bahwa pendistribusian bantuan seperti benih dan pakan ikan menjadi salah satu insentif bagi pembudidaya di masa pandemi Covid-19 agar usaha perikanan budidaya di masyarakat dapat terus berjalan. “Selain itu, kelancaran produksi perikanan dapat terus menjaga pasokan ikan di masyarakat sebagai sumber gizi dan protein dengan harga terjangkau” jelas Dirjen yang biasa disapa Tebe.

Tebe juga menilai bahwa penggunaan pakan ikan berkualitas dapat menjamin mutu hasil produksi sehingga meningkatkan kepercayaan pasar akan kualitas produk perikanan dalam negeri.

“Kepercayaan konsumen akan produk perikanan lokal akan berimbas kepada peningkatan kapasitas usaha di berbagai lini dari tingkat hulu hingga ke hilir,” jelas Tebe.

Lebih jauh Tebe juga berharap agar ketersediaan pakan secara kualitas dan kuantitas akan dapat terjamin kontinyuitasnya guna menjaga kelangsungan dan meningkatkan usaha budidaya di masyarakat. “Kami akan mengoptimalkan fungsi Unit Pelaksana Teknis (UPT) di berbagai daerah untuk selalu hadir dalam memenuhi kebutuhan pembudidaya akan pakan ikan berkualitas dengan harga yang terjangkau,” tutup Tebe.

Sementara itu, Kepala BPBAT Tatelu Fernando J. Simanjuntak menyatakan bahwa pihaknya terus berusaha untuk mengoptimalkan produksi pakan ikan mandiri di BPBAT Tatelu melalui kegiatan perekayasaan sarana maupun prasarana budidaya agar mendapatkan formulasi pakan dengan kadar protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang maksimal.

“Selain itu, BPBAT Tatelu juga secara rutin mengadakan pembinaan teknologi dan manajemen pakan kepada kelompok penerima bantuan mesin pakan maupun kepada pembudidaya agar tingkat kelulusan hidup ikan yang dipelihara dapat lebih tinggi, serta keuntungan yang didapatkan dapat lebih maksimal, ” beber Fernando.

Terkait bantuan pakan, Fernando menegaskan bahwa timnya memastikan dengan teliti agar bantuan yang disalurkan dapat tepat sasaran serta diberikan kepada kelompok yang benar-benar memenuhi persyaratan teknis yang ditentukan.

“Selain memberikan manfaat dalam meningkatkan produksi perikanan di Nusa Tenggara, kami harapkan bantuan yang diberikan dapat turut menekan tingkat stunting di Nusa Tenggara dengan menghadirkan asupan protein hewani yang melimpah kepada anak-anak disana,” pungkas Fernando.

Pada tahun 2021, BPBAT Tatelu berencana untuk menyalurkan bantuan pakan ikan mandiri sebanyak 80 ton kepada pembudidaya di wilayah kerjanya. Selain bantuan pakan ikan mandiri, bantuan benih ikan seperti Ikan Lele, Nila, Tawes dan beberapa jenis ikan air tawar lainnya juga turut didistribusikan oleh BPBAT Tatelu. Hingga pertengahan tahun 2021, bantuan benih telah tersalurkan sebanyak 3,3 juta ekor dari target total sebanyak 6,8 juta ekor benih ikan.


Penulis : Fanny Nurul Hotimah
Editor : Ade Lukman

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060