Kamis, 22 Oktober 2020

Sektor Pertanian Harus Diproteksi oleh Pemerintah

Sektor Pertanian Harus Diproteksi oleh Pemerintah

EKONOMI
16 April 2009, 05:23 WIB
Cuplik.Com - Jakarta: Pengamat Ekonomi Pertanian, Sutrisno Iwantono, meminta pemerintah berani memprotreksi produk pertanian sehingga petani Indonesia terlindungi dan sektor pertanian bisa berkembang dengan baik.

"Tidak usah takut dengan WTO (Organisasi Perdagangan Dunia)," kata Iwantono yang juga Ketua Pusat Penasehat Petani, di Jakarta, Rabu.

Iwantono mengatakan, negara maju juga memproteksi produk pertanian mereka agar petani mereka terlindungi dan tidak dibanjiri oleh produk impor. Ia memberi contoh, Jepang memberlakukan bea masuk yang tinggi terhadap komoditas beras.

Dengan adanya bea masuk yang tinggi tersebut maka produk pertanian impor menjadi lebih mahal sehingga produk pertanian dalam negeri bisa bersaing. Akibatnya petani akan tetap bergairah menanam produk pertanian.

Mengenai besarnya bea masuk yang perlu diterapkan, katanya, harus yang optimum. "Bukan harus besar sekali, tapi yang optimum sehingga produk pertanian terlindungi," katanya.

Ia mengatakan, produk pertanian merupakan produk yang penting karena terkait masalah "perut". Ia mengatakan, jika produk pertanian, terutama pangan, terganggu maka kondisi negara tersebut bisa terganggu pula.

Untuk itu, Iwantono juga meminta agar pemerintah benar-benar mempertahankan lahan pertanian. "Lahan pertanian tidak boleh berkurang," katanya.

Ia meminta agar aturan bahwa lahan pertanian beririgasi tidak boleh dikonversi benar-benar dilaksanakan. Selain itu, katanya, jika ada lahan pertanian yang dikonversi menjadi lahan non pertanian maka harus diganti dengan kondisi lahan yang sama.

Dengan demikian, lahan pertanian tidak berkurang.

Selain itu, katanya, sawah irigasi yang rusak perlu segera diperbaiki. Ia mengatakan, dari 5,25 juta hektare lahan pertanian berigasi, sekitar 1,39 juga hetare rusak. Dari 1,39 itu, 126.000 hektare rusak berat.

Untuk meningkatkan produksi pertanian, katanya, maka perlu dibangun irigasi baru dan juga memperbaiki yang rusak. "Pembangunan irigasi mutlak," katanya.

Mengenai swasembada beras, Iwantono mengharapkan agar diikuti dengan kenaikan pendapatan petani. Ia mengatakan, pemerintah harus menjaga harga beras petani sehubungan kenaikan produksi tersebut.

Ia mengatakan, Bulog harus membeli beras petani dengan harga yang layak. Untuk itu, Iwantono berharap agar Bulog berperan kembali menjadi agen pembangunan dan tidak menjadi perusahaan umum (perum) seperti saat ini. Jika menjadi perum, katanya, Bulog juga tidak ingi rugi.

Ia mengatakan perubahan status Bulog tersebut karena tekanan dari Dana Moneter Internasional (IMF). Ia mengharapkan agar saat ini status Bulog dikembalikan seperti semula.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726