Rabu, 4 Agustus 2021

Teras IWO, Jurnalisme Tabayyun Wajib Dilakukan Untuk Tangkal Berita Bohong

Teras IWO, Jurnalisme Tabayyun Wajib Dilakukan Untuk Tangkal Berita Bohong

SOSIAL
9 Mei 2021, 20:23 WIB

CuplikCom-Teras-IWO,-Jurnalisme-Tabayyun-Wajib-Dilakukan-Untuk-Tangkal-Berita-Bohong-09052021202526-IMG_20210509_201815.jpg

Teras IWO Ngabuburit. (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Pengurus daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Indramayu menggelar Teras IWO Ngabuburit dengan menghadirkan pemateri Ustadz Ibrohim Sholeh yang juga Dosen Fisip Universitas Wiralodra Indramayu.

Teras IWO Ngabuburit yang bertajuk "Menguatkan Jurnalisme Tabayyun di Tengah Disrupsi Digital" dilaksanakan di Rumah Kebun Jalan Soekarno Hatta Indramayu  pada Minggu (09/05/2021).

Puluhan anggota IWO Indramayu hadir dalam acara tersebut.

Dalam taushiyahnya, Ustadz Ibrohim Sholeh juga berbagi pengalaman saat ia masih aktif menjadi wartawan salah satu media nasional di Jakarta.

"Bertabayyun dalam mencari informasi adalah hal yang wajib dilakukan. Ini untuk memastikan bahwa informasi yang kita dapatkan adalah informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik," kata mantan wartawan Republika Jakarta ini.

Perkembangan media sosial yang semakin cepat, membuat pekerja media harus lebih berhati-hati dan lebih selektif dalam mencari informasi yang benar dan akurat.

"Jangan sampai terkecoh oleh informasi bohong atau hoax. Proses tabayyun harus menjadi pedoman bagi pekerja media dalam menjalankan tugas jurnalistiknya," kata dia.
 
Ia menjelaskan bahwa profesi wartawan adalah profesi yang mulia. Berita yang penuh inspirasi dan memberikan kebaikan umat akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda.

"Ketika berita yang diangkat ke media memiliki dampak positif bagi masyarakat dan membantu umat, maka nilainya ibadah. Pahalanya akan berlipat ganda," ujarnya.

Selain mengejar traffick pembaca, berita yang disampaikan melalui media juga bisa menjadi traffick pahala yang tinggi nilainya.

Sementara itu Ketua IWO Indramayu, Tomi Indra mengatakan perubahan perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi informasi menjadi tantangan tersendiri bagi pekerja media.

"Pekerja media harus memiliki perbedaan dengan penggiat media sosial. Proses tabayyun serta cek dan ricek informasi harus menjadi landasan utama sebelum menyebarkan informasi kepada publik melalui pemberitaan di media massa," kata dia.

Pekerja media juga harus berpegang teguh pada azas akurasi dan validalitas data.

"Bagi pekerja pers di media online, tetap mengedepankan data dan fakta yang akurat meski dituntut untuk bisa menyajikan berita secara cepat. Ini menjadi tantangan tersendiri," kata dia.

Acara teras IWO Ngabuburit ini ditutup dengan kegiatan buka puasa bersama anggota IWO Indramayu.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899