Jum'at, 14 Mei 2021

Permintaan Lele Saat Ramadan di Cirebon Meningkat

Permintaan Lele Saat Ramadan di Cirebon Meningkat

EKONOMI
4 Mei 2021, 12:38 WIB

CuplikCom-Permintaan-Lele-Saat-Ramadan-di-Cirebon-Meningkat-04052021125409-IMG-20210504-WA0056.jpg

Kebutuhan Lele di Cirebon meningkat (Cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Cirebon - Permintaan ikan lele pada bulan puasa di Cirebon Jawa Barat mengalami peningkatan. Hal tersebut membuat para pengepul kesulitan untuk mendapatkan ikan.

Seperti yang dikatakan Didi (60), warga Gebang Kabupaten Cirebon ini, mengaku cukup kewalahan untuk mencari stok lele untuk ia jual kembali.

Didi sudah memiliki pelanggan khusus, sehingga dirinya tinggal mengirimkan lele langsung kepada pelanggannya, yang mayoritas merupakan pedagang pecel lele.

"Sekarang permintaannya cukup banyak," kata Didi di Cirebon Minggu 2 Mei 2021.

Jika biasanya ia hanya menjual sebanyak 1 kwintal ikan lele, pada bulan puasa ini, kebutuhannya mencapai hingga 4 kwintal ikan lele setiap harinya.

Saat ditemui, Didi sedang membeli ikan lele, di tempat Budidaya Ikan Lele Rea Abadi di Desa Kanci Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Budidaya ikan lele binaan perusahaan pembangkit listrik Cirebon Power ini, memang menjadi salah satu langganannya.

Ia belum mengetahui, ada berapa banyak ikan lele yang bisa ia beli dari tempat langganannya itu. Tapi Didi menantang, siap membeli seluruh hasil panen kali ini.

"Kalau ada 4 Kwintal atau lebih, tetap saya beli," kata Didi.

Duman, ketua kelompok budidaya Rea Abadi mengatakan, dirinya memang sudah cukup lama berkecimpung dalam budidaya lele. Namun keterbatasan modal, membuat usahanya itu sempat terhenti sekitar dua tahun.

"Tahun ini, kami diberikan dukungan dari Cirebon Power untuk permodalan. Selain itu, tanah yang digunakan juga, merupakan tanah bengkok desa," ujar Duman.

Untuk budidaya kali ini, Duman baru melakukan dua kali panen. Hasil panennya, semuanya dibeli oleh Didi, yang juga merupakan pelanggan lamanya.

Selama dua kali panen, ia sudah bisa panen sebanyak 1 ton ikan lele. Namun jumlah tersebut masih belum memenuhi kebutuhan pasar.

Bahkan Duman bercerita, bahwa ada yang berani membeli dengan harga yang sudah ditetaokan sebelumnya. Hal tersebut karena kebutuhan lele yang meningkat saat ini.

"Tapi karena kami sudah bekerjasama lama dengan Pak Didi, jadi tetap saya jual ke Pak Didi dengan harga Rp 17ribu perkilo. Sempat ada yang menawar Rp 18ribu perkilo," kata Duman.

Dengan dukungan yang diberikan oleh Cirebon Power, Duman berencana untuk menambah balongnya yang saat ini hanya berjumlah tiga buah. Ia berencana menambah empat balong lagi.

Pada panen kali ini, Duman memperkirakan bisa memanen sebanyak 500 kg ikan lele. Semua ikan tersebut, akan dibeli oleh Didi untuk dijual kembali kepada pelangannya.

"Karena permintaannya terus melonjak, kami berencana untuk menambah jumlah balongnya," ujar Duman.


Penulis : Charles Yohanes Firen Saputra
Editor : Almak

Tag :

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah