Jum'at, 14 Mei 2021

Praktisi Hukum: Ucapan Bupati Nina Tak Langgar Hukum, Hanya Dipolitisir Pihak Tertentu

Praktisi Hukum: Ucapan Bupati Nina Tak Langgar Hukum, Hanya Dipolitisir Pihak Tertentu

POLITIK
2 Mei 2021, 23:18 WIB

CuplikCom-Praktisi-Hukum-Ucapan-Bupati-Nina-Tak-Langgar-Hukum,-Hanya-Dipolitisir-Pihak-Tertentu-02052021232252-Nina_Agustina_0040.jpg

Screenshot video bupati Indramayu Nina Agustina (Cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Praktisi hukum dari Ketua Bidang Advokasi Hukum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Indramayu, Dedi Buldani, SH menegaskan, terkait pernyataan bupati Indramayu Nina Agustina soal ucapan "provokator" dalam sebuah video, tidak berimplikasi hukum dan hanya candaan biasa dari figur yang merakyat, isu yang berkembang hanya terkesan dipolitisir oleh pihak tertentu.

"Kalau video itu dibesar-besarkan, apalagi sampai dituding memfitnah atau mencemarkan nama baik seorang ketua PCNU Indramayu. Secara hukum jelas tidak memenuhi unsur," ujar Dedi Buldani kepada media, Minggu (2/5/2021).

Menurutnya, video yang berdurasi sekitar dua menit itu, selain bupati Indramayu tidak mengatakan secara verbal ditujukan kepada ketua PCNU Indramayu, ucapan bupati juga hanya bersifat candaan dan obrolan biasa.

"Dalam pasal 310 KUHPidana mensyaratkan adanya unsur kesengajaan dalam peristiwa ini tidak adanya unsur kesengajaan dan tidak ada perkataan langsung pelabelan provokator terhadap seseorang, namun bersifat candaan dan obrolan biasa. Dan juga siapa yang mentranmisikan ke medsos ini kan jadi kabur kalau kita kaji berdasarkan UU ITE," jelas Dedi.

Jika video tersebut, lanjut Dedi, dimaknai atau ditafsirkan menyalahi hukum terkait fitnah atau pencemaran nama baik, itu sangat keliru dan terkesan didramatisir serta dipolitisir.

"Kalau ada pihak mempermasalahkan video tersebut, jelas itu masuknya ke ranah politik, bukan ranah hukum," tegas Dedi.

Sehingga Dedi berharap, agar masyarakat khususnya warga nahdiyin, tidak cepat terpancing oleh isu-isu yang berlebihan yang mengarah pada perpecahan para tokoh di Indramayu.

"Jadi kaum nahdiyin dimohon menahan diri apalagi di bulan suci romadhon ini, dan jangan terpancing oleh oknum yang mempolitisir video tersebut. Kita ingin Indramayu kondusif," tandas Dedi.


Penulis : Almak
Editor : Almak

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475