Sabtu, 18 September 2021

Reaksi Psikologis Yang Kamu Lakukan Dalam Situasi Negatif

Reaksi Psikologis Yang Kamu Lakukan Dalam Situasi Negatif

GAYA HIDUP
1 April 2021, 13:14 WIB

CuplikCom-Reaksi-Psikologis-Yang-Kamu-Lakukan-Dalam-Situasi-Negatif-01042021131746-serba-serbi-reaksi-psikologis-dalam-situasi-negatif-halodoc.jpg

Ilustrasi reaksi psikologis seseorang (halodoc.com)

1. Penyangkalan

Kamu tahu bahwa apa yang kamu lakukan salah atau merugikan tetapi kamu menggunakan berbagai alasan supaya hal tersebut bisa diterima, misalnya jika kamu kecanduan rokok, daripada mengakui dan mengubah kebiasaan tersebut, kamu justru menyangkal adanya masalah dengan berpikir, “Aku kan cuma merokok kalo lagi stres berat aja.”.

2. Represi

Kamu memilih untuk melupakan atau tidak mau mengakuinya sama sekali. Misalnya saat kamu kehilangan orang yang sangat dekat, daripada menerima kenyataan dan merasa kesepian, kamu justru menganggap bahwa orang itu masih hidup.

3. Regresi

Kondisi psikologi mundur kembali ke masa-masa kecil dahulu. Contohnya ketika kamu sehabis putus cinta, kamu tidak mau keluar kamar sama sekali dan hanya mau meringkuk seharian di tempat tidur sambil memeluk boneka kesayangan.

4. Rasionalisasi

Kamu mencoba merasionalisasikan pikiran perkataan dan perbuatan yang kamu tahu sebenarnya salah. Misalnya saat kamu selalu datang terlambat ke kantor dan akhirnya ditegur oleh atasan. Untuk menghindar dari rasa bersalah atau malu kamu beralasan bahwa rumahmu jauh dari kantor dan selalu terjebak macet. Meskipun kamu sebenarnya bisa berangkat lebih pagi dari biasanya supaya tidak terlambat, tapi kamu selalu bangun kesiangan.

5. Proyeksi

Kamu memproyeksikan perasaan negatif kepada orang lain. Misalnya kamu sebenarnya belum yakin sepenuhnya dengan pasanganmu, tapi kamu takut meninggalkannya. Untuk itu, kamu justru memproyeksikan pelampiasan ini pada sahabat dengan menuduhnya tidak mendukung hubunganmu.

6. Sublimasi

Kamu melampiaskan emosi negatif pada hal-hal yang positif. Misalnya kamu baru saja bertengkar hebat dengan pasangan. Untuk melepaskan amarah karena kesalahan, kamu mencari kegiatan yang berguna misalnya memotong rambut. Meski kesannya positif, kamu sebenarnya haus untuk meluapkan perasaan ingin menghancurkan atau merusak sesuatu.

7. Pengalihan

Kamu menjadi objek yang bisa jadi sasaran luapan emosi negatif. Misalnya saat kamu gagal memenuhi target kerja, kamu akan pulang kerumah membawa kekecewaan tersebut dan jadi bertindak kasar dengan membanting pintu, membentak anggota keluarga, atau menyetir kendaraan dengan ugal-ugalan.

Mekanisme pertahanan diri berfungsi untuk menghalau perasaan yang tidak menyenangkan atau supaya kejadian dan pengalaman yang tidak menyenangkan jadi terasa lebih baik. Namun emosi tersebut tidak benar-benar hilang dari benakmu. Kamu hanya bisa menekan atau mengesampingkan nya saja. Oleh sebab itu mekanisme pertahanan diri bukanlah sebuah cara untuk menyelesaikan masalah melainkan semata-mata reaksi alami jiwa terhadap masalah.


Penulis : Karina JM
Editor : Karina JM

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475