Selasa, 19 Oktober 2021

Ciri-Ciri Toxic Parent

Ciri-Ciri Toxic Parent

GAYA HIDUP
29 Maret 2021, 21:46 WIB

CuplikCom-Ciri-Ciri-Toxic-Parent-29032021215231-toxicrelationshipdalamkeluargainitandanyahalodoc.jpg

Ilustrasi toxic parent (halodoc.com)

Kata toxic parent bukanlah berasal dari istilah medis atau suatu konsep yang sudah didefinisikan secara jelas. Pembahasan mengenai toxic parent biasanya menggambarkan pola perilaku orang tua yang secara konsisten menyebabkan rasa bersalah, ketakutan, atau tekanan kewajiban pada anak-anak mereka.

“Semua orangtua ingin yang terbaik untuk anak mereka”

Namun terkadang, ada saja orang tua yang bisa jadi menyampaikan keinginannya dengan cara yang kurang tepat sehingga berefek pada kesehatan mental bahkan fisik anak mereka. Yang lebih parahnya lagi, adapula orangtua yang memang benar-benar tidak peduli dengan anak mereka. Lalu seperti apa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa mereka adalah toxic parent?

1. Terlalu kritis dalam berfikir dan bertindak

Tidak pernah ada kata “cukup” bagi mereka. Selalu saja mencari-cari kesalahan dan hanya focus pada kekurangan anak mereka.

2. Berperilaku kasar secara fisik dan verbal

Berperilaku kasar baik secara fisik maupun lewat kata-kata. Mereka pikir itulah cara mendidik yang paling efektif untuk anak mereka. Padahal, hal tersebut justru dapat menimbulkan rasa trauma mendalam yang berakibat negatif bagi perkembangan si anak.

3. Terlalu banyak menuntut

Memberikan ekspetasi yang begitu tinggi kepada anak mereka yang seringkali menyebabkan beban mental bagi si anak. Tanpa peduli kemampuan serta kesiapan anak mereka. Terkadang, hanya untuk memenuhi kebutuhannya agar dipandang sebagai orang tua yang berhasil.

4. Selalu membanding-bandingkan

Membandingkan anak mereka dengan anak-anak lainnya atau dengan sesama anak mereka juga merupakan salah satu tanda toxic parent. Untuk anak yang memiliki kepercayaan diri rendah, hal ini hanya akan memperburuk keadaan.

5. Hanya memikirkan ego diri sendiri

Selalu saja tentang mereka. Kebutuhan. Keinginan. Harapan. Mereka tidak pernah mencoba untuk mendengarkan apa yang diinginkan oleh anak mereka.

Itulah ciri-ciri toxic parent yang perlu kamu ketahui. Ada baiknya kamu berlapang dada dan besar hati ketika mempunyai orangtua yang memiliki sifat toxic parent seperti ciri-ciri diatas, karena mereka adalah orang yang melahirkan dan membesarkanmu dari lahir. Untuk mengatasi dan membuat hidup kamu lebih berarti, kamu harus dapat membuat batasan diri antara diri kamu dan orangtua, memang begitu sulit dan sakit ketika akan melakukan, tapi itulah salah satu jalan terbaik ketimbang memilih jalan salah yaitu melawan orang tua. Semoga bermanfaat.


Penulis : Karina JM
Editor : Karina JM

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397