Rabu, 4 Agustus 2021

IWO Indramayu Gembleng Pelajar SMK Al Huda Kedungwungu, Diberi Wawasan Bahaya Hoax

IWO Indramayu Gembleng Pelajar SMK Al Huda Kedungwungu, Diberi Wawasan Bahaya Hoax

SOSIAL
18 Maret 2021, 10:04 WIB

CuplikCom-IWO-Indramayu-Gembleng-Pelajar-SMK-Al-Huda-Kedungwungu,-Diberi-Wawasan-Bahaya-Hoax-18032021100720-IMG_20210318_095743.jpg

Iwo Indramayu bersama pelajar dalam diskusi edukatif di SMK Al Huda Anjatan. (Foto: istimewa (dok Iwo Indramayu).)

Cuplikcom - Indramayu - Pengurus daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Indramayu menggelar diskusi edukatif bersama pelajar di SMK Al Huda Kedungwungu Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Rabu (17/03/2021).

Para pelajar ini diberikan wawasan dan materi tentang bahaya berita hoax.

Acara yang didukung oleh Pertamian Refinery Unit (RU) VI Balongan, Pertamina marketing operation region (MOR) III, Pertamina EP Region Jawa dan Alfamart ini diberi tajuk "tangkal hoax di masa pandemi".

Acara ini dibuka secara virtual oleh Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim. Dalam kesempatan tersebut, Lucky Hakim meminta kepada pelajar untuk bijaksana dalam bermedia sosial.

"Selamat mengikuti diskusi edukatif pelajar bersama IWO Indramayu. Jadilah pelajar yang cerdas dalam bermedia sosial," kata dia.

Dalam diskusi edukatif ini,  menghadirkan dua narasumber yakni Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, Adiyana Slamet,S.IP,M,Si dan Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, H.  Wawan Ridwan.

Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet mengatakan berita bohong atau hoax memiliki dampak yang sangat besar. Bukan berdampak pada orang per orang melainkan antar suku, wilayah bahkan bangsa.

"Saat masa pandemi, produksi berita bohong juga sangat tinggi. Jumlah informasi bohong atau hoaks seputar virus 
corona cukup tinggi selama pandemi COVID-19 di wilayah Jawa Barat," kata dia. 

Tim Jabar Saber  Hoaks (JSH) mencatat sebanyak 2.881 aduan sejak Januari 2020 hingga Juni 2020. Dari jumlah 
itu, sebanyak 1.855 aduan merupakan informasi  hoaks. Tema hoaks terus berganti dari waktu ke waktu. 
Jika pada awal pandemi hoaks membicarakan soal kebijakan karantina wilayah atau lockdown, kini beralih ke isu vaksinasi.

Kepada pelajar, Adiyana juga berpesan agar menerapkan “literasi media” yaitu kemampuan
untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media.

 "Harus selektif saat mendapatkan informasi di media sosial. Saring terlebih dahulu sebelum sharing," kata dia.

Sementara itu,  Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, H.  Wawan Ridwan menjelaskan, saat ini di Kabupaten Indramayu, tengah dilakukan vaksinasi massal.

"Setelah tenaga kesehatan pada tahap pertama, kini memasuki tahap kedua yakni pekerja-pekerja publik. Semoga proses vaksinasi bisa berjalan lancar," kata dia.

Ketua IWO Kabupaten Indramayu, Tomi Indra Priyanto mengatakan acara diskusi edukatif pelajar merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang digelar IWO Indramayu untuk menangkal dan memerangi hoax.

"Diskusi edukatif bersama pelajar dengan tema anti hoax merupakan gelaran yang keempat. IWO akan terus konsisten sebagai organisasi pekerja media online untuk memerangi hoax di Indonesia," kata dia.

Kepala SMK Al Huda Anjatan, Syaiful Mujab, S.Sy,M.M mengatakan diskusi edukatif pelajar ini  memberikan manfaat bagi pelajar.

"Banyak pengetahuan baru yang didapat oleh pelajar tentang perkembangan media sosial dan antisipasi penyebaran berita bohong. Mudah-mudahan berguna bagi pelajar kami untuk tetap bijaksana dalam bermedia sosial," kata dia.

Kegiatan ini digelar dengan menggunakan protokol kesehatan ketat yakni menggunakan masker, face shield, mencuci tangan serta peserta yang dibatasi. Pelajar SMK Al Huda juga mengikuti kegiatan ini melalui live youtube channel SMK AL Huda.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461