Kamis, 21 Januari 2021

Hobi Memasak? Perhatikan Hal Ini Dalam Cara Memasak!

Hobi Memasak? Perhatikan Hal Ini Dalam Cara Memasak!

GAYA HIDUP
8 Januari 2021, 20:39 WIB

CuplikCom-Hobi-Memasak-Perhatikan-Hal-Ini-Dalam-Cara-Memasak!-08012021204745-GettyImages_849177432.jpg

Ilustrasi memasak (cdn.com)

Cara memasak mempengaruhi nutrisi makanan yang diolah. Bila tidak tepat mengolahnya, makanan sehat bisa jadi tidak sehat lho! Mengonsumsi buah, sayur, ikan atau daging segar memang menyehatkan. Tapi jangan sampai salah mengolahnya. Ada beberapa cara masak yang membuat bahan makanan sehat jadi kehilangan nutrisinya. Yuk simak caranya dibawah ini!

1. Masak sayuran terlalu lama

Hal ini mungkin sering dilakukan banyak orang. Memasak sayuran terlalu lama hingga lembek bisa menghilangkan sebagian besar nutrisinya. Hindari merebus sayuran terlalu lama. Cara terbaik adalah dengan menumisnya sebentar agar nutrisinya tidak hilang. Cara lain ialah dengan memblansir. Sayuran direbus sebentar lalu dimasukkan dalam wadah berisi es batu untuk menghentikan proses masaknya. Dengan begini sayuran masih akan renyah dengan rasa manis gurih alami.

2. Pakai terlalu banyak bumbu

Pemakaian bumbu memang membuat rasa masakan lebih enak. Tapi kalau terlalu banyak bisa bikin asupan sodium berlebih. Misalnya menambahkan terlalu banyak garam, kaldu ayam dan kecap ke dalam masakan. Terlalu banyak konsumsi sodium berkaitan dengan penyimpanan air di dalam tubuh. Pilih bumbu yang lebih sehat tanpa melalui proses pengolahan seperti kayu manis, lada hitam atau kunyit.

3. Pakai minyak dengan titik asap rendah

Tidak semua minyak cocok untuk menggoreng. Minyak zaitun, misalnya, memiliki titik asap rendah sehingga tidak cocok dipakai menggoreng. Minyak dengan titik asap rendah berarti begitu mencapai temperatur tertentu akan terbakar dan menghasilkan zat berbahaya. Jadi jangan sekali-sekali menggoreng dengan minyak zaitun. Pilihlah minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak almond atau bunga matahari untuk menggoreng.

4. Mengupas kulit buah dan sayuran

Beberapa jenis buah dan sayuran paling bagus dikonsumsi bersama kulitnya. Sebut saja kentang, wortel, mentimun dan apel. Ini karena di dalam kulit buah dan sayuran itu terkandung banyak vitamin dan mineral. Kulit buah dan sayuran juga mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan. Pastikan saja mencuci dengan benar buah dan sayuran saat ingin dimakan bersama kulitnya.

5. Pakai terlalu banyak minyak

Tanpa sadar mungkin Anda sering menambahkan minyak ke dalam masakan. Padahal menambahkan sesendok makan minyak goreng sama saja dengan menambah kalori hingga 100-150. Agar pemakaian minyak tidak berlebih, olesi wajan terlebih dahulu sebelum memasak. Hindari mengolesi satu per satu bahan makanan dengan minyak.

Itulah 5 cara memasak yang harus diperhatikan ketika anda memasak, jangan sampai bahan makanan sehat setelah diolah menjadi tidak sehat. Semoga bermanfaat!


Penulis : Karina JM
Editor : Karina JM

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899