Senin, 26 Oktober 2020

Calon TKI Asal Cirebon Dipungut Biaya Rp 45-52 Juta

Calon TKI Asal Cirebon Dipungut Biaya Rp 45-52 Juta

SOSIAL
18 Oktober 2020, 04:31 WIB

CuplikCom-Calon-TKI-Tujuan-Taiwan-Polandia-Asal-Cirebon-Dipungut-Biaya-Rp-45-52-Juta-18102020043448-20201018_043048.jpg

Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat menggerebek Penampungan TKI di Plumbon Cirebon Jawa Barat (Cuplik.com/ Ade Lukman)


Cuplikcom-Jakarta-Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menggerebek tempat penampungan calon TKI ilegal di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Setelah dilakukan penyelidikan, rata-rata calon TKI dipungut biaya mulai dari Rp 45 juta hingga Rp 52 juta.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan ada oknum tertentu yang mengambil keuntungan dari kasus ini.

"Ada pihak-pihak tertentu yang mengambil keuntungan dan penghematan sebesar-besarnya. Rata membayar Rp 45 juta hingga Rp 52 juta. Ini baru sementara, belum lagi ada permintaan lain hingga berangkat ke negara penempatan," kata BP2MI Benny saat dikonfirmasi, Minggu (18/10/2020) dini hari.

Lebih lanjut Benny menjelaskan, pemberangkatan melalui cara ilegal berisiko besar terhadap keselamatan TKI, seperti rentan terjadinya kekerasan fisik dan seksual, upah dibayar tak sesuai kontrak, eksploitasi, jam kerja melebihi batas, putus hubungan kerja sepihak dan lainnya.

"Negara hadir untuk memberikan perlindungan," Jelas Benny.

Benny menyebut permintaan biaya untuk berangkat ke negara penempatan sudah diatur oleh pemerintah.

"Untuk biaya itu, negara penempatan terkait seperti Taiwan sekitar Rp 17 juta. Di sini over, melebihi ketentuan yang ada. Meminta uang di luar ketentuan yang diatur, ini bisa dikatakan kejahatan," kata Benny


F
( Sejumlah Calon TKI Asal Cirebon saat didatangi oleh Kepala BP2MI Benny Rhamdani, di Plumbon Cirebon Jawa Barat, Minggu 18 Oktober 2020 dini hari ) 

Sementara itu, pengelola tempat penampungan calon TKI, Tiitin Marsinih mengaku sudah menjalankan bisnisnya selama tiga tahun. Ia hanya merekrut dan menampung calon TKI.

"Ada yang bawa ke sini. Saya tidak cari langsung. Kalau untuk TKI laki-laki baru satu tahun. Sebelumnya TKW. Sudah tiga tahun," kata Titin.

Titin juga mengaku pembayaran uang tentang harga job atau kerjaan itu sesuai aturan dari PT Lintas Cakrabuana, perusahaan yang bekerja sama dengan Titin.

"Soal biaya itu yang mengatur Mbak Lisa (PT Lintas Cakrabuana), yang kasih harga jobnya. Saya hanya ke lapangan, bahwa harga job segini. Selebihnya ada sponsor yang bawa juga," kata Titin.

Sebelumnya, BP2MI menggerebek tempat penampung ilegal calon pekerja migran Indonesia (CPMI) atau TKI di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. BP2MI menemukan 25 calon TKI yang menempati tempat penampungan ilegal tersebut.

Calon TKI yang menghuni tempat penampungan itu dijanjikan diberangkatkan ke Taiwan dan Polandia. Dalam aturannya, yang berhak mengelola penampungan calon TKI adalah perusahaan Balai Latihan Kerja (BLK) luar negeri.


Penulis : Ade Lukman
Editor : Ade Lukman

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060