Minggu, 25 Oktober 2020

Polri Ungkap Fakta Penyebab Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Polri Ungkap Fakta Penyebab Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

HUKUM
17 September 2020, 17:31 WIB

CuplikCom-Polri-Ungkap-Fakta-Penyebab-Kebakaran-Gedung-Kejaksaan-Agung-17092020173237-20200917_173044.jpg

Gedung Kejaksaan Agung RI Terbakar, Sabtu (22/8/2020) (Cuplik.com/ M.Riko Indrianto)


Cuplikcom-Jakarta-Bareskrim Mabes Polri menjelaskan fakta-fakta terkait kebakaran gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung) setelah gelar perkara. Salah satunya adalah soal asal api.

"Asal api diduga dari lantai 6 ruang rapat biro kepegawaian lalu menjalar ke ruangan serta lantai lain," kata Kabareskrim Komjen Listyo Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Kamis (17/9/2020).

Ada sejumlah faktor juga yang mempercepat kebakaran. Salah satunya adalah cairan di ruangan itu hingga material gedung.

"Dipercepat terjadi karena penyebaran api tersebut karena ada akseleran pada lapisan luar gedung dan ada beberapa cairan minyak lobi yang mengandung senyawa hidrokarbon dan kondisi gedung yang hanya disekat bahan mudah terbakar," paparnya.

"Mempercepat proses terjadinya kebakaran," tambah Komjen Sigit.

Dalam penyelidikan ini, Polri telah melakukan 6 kali olah TKP. Sebanyak 131 saksi juga telah diperiksa.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menjelaskan, kerugian akibat kebakaran gedung utama ditaksir mencapai Rp 1,1 triliun. Nilai tersebut merupakan angka sementara karena saat ini belum diketahui secara pasti.

"Terkait perkiraan kerugian, belum dihitung secara rinci, tetapi kami sudah mendapat gambaran perkiraan sementara kerugian terhadap terjadinya kebakaran itu," kata Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono, dalam konferensi pers, di kantornya, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Kamis (31/8/2020).

Hari menuturkan ada dua jenis perkiraan kerugian, yaitu gedung dan bangunan serta peralatan. Perkiraan kerugian nilai gedung dan bangunan sebesar Rp 178.327.638.121.

Selanjutnya diperkirakan jumlah kerugian mesin dan peralatan yang ada di dalam gedung utama Kejagung mencapai Rp 940.221.714.708. Dengan demikian, jika ditotal, kerugian gedung dan bangunan serta peralatan di dalamnya diperkirakan Rp 1,1 triliun.

"Sehingga total diperkirakan Rp 1.118.549.352.829. Ini perkiraan sementara karena tim atau penaksir belum bisa memasuki area karena masih dipasang police line. Jadi, kalau ditanya peralatan dan mesin apa saja, kami mohon bersabar di lain waktu akan disampaikan," ujarnya.

Adapun peralatan dan mesin yang ada di Kejagung misalnya komputer, peralatan monitoring center atau command center yang baru saja di buat ikut terbakar. Hari mengaku belum dapat memperkirakan apa saja peralatan yang rusak akibat kebakaran tersebut karena tim penaksir belum diperbolehkan memasuki area gedung yang terbakar karena masih dalam penyelidikan Polri.

"Nanti secara rinci apabila nanti kami tim perlengkapan sudah diizinkan untuk masuk akan mendata mana yang rusak, terbakar atau kah ada yang masih bisa diselamatkan. Bisa terjadi misalnya monitoring center, mungkin layarnya monitor TV-nya rusak tapi server-nya nggak, nah ini yang oleh karena itu mohon sabar nanti rinciannya akan kami sampaikan," ungkapnya.


Penulis : M Riko Indrianto
Editor : Ade Lukman

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr