Selasa, 29 September 2020

Wow! Laboratorium Ini Mampu Layani 5.000 Tes PCR Per hari

Wow! Laboratorium Ini Mampu Layani 5.000 Tes PCR Per hari

SOSIAL
12 Agustus 2020, 18:57 WIB

CuplikCom12082020190156-20200812_185705.jpg

Direktur GSI Lab Dr Nino Susanto Bersama Founder BenihBaik Andy F Noya dalam Peresmian GSI Lab (Cuplik.com/ Ade Lukman)


Cuplikcom - Jakarta - Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) secara resmi membuka laboratorium tes PCR (Polymerase Chain Reaction) pertama di Indonesia yang memiliki kapasitas layanan tes PCR berskala nasional dan berkapasitas 5.000 tes dalam sehari.

“Kebutuhan untuk melakukan tes PCR secara masif terus meningkat seiring dengan pergerakan angka penularan Covid-19 di Indonesia. GSI Lab menjadi yang pertama dalam menghadirkan laboratorium tes PCR dengan kapasitas besar hingga 5.000 tes per hari. Hadirnya laboratorium dengan kapasitas besar ini diharapkan dapat mendukung Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dalam meningkatkan kapasitas tes PCR nasional secara signifikan serta memperluas akses pengetesan PCR bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata selaku Direktur Utama GSI Lab dr. Nino Susanto dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/08/2020

dr Nino menyatakan GSI Lab akan membantu pemerintah mendapatkan data dalam jumlah besar mengenai kondisi riil masyarakat berkaitan dengan status Covid-19 mereka, sehingga dapat menerapkan kebijakan yang tepat sasaran untuk menanggulangi penyebarannya. Laboratorium GSI Lab dirancang untuk dapat memberikan pelayanan tes PCR yang tidak hanya berskala masif, namun juga memberikan hasil tes yang cepat.

“Melalui GSI Lab, kami ingin menunjukkan rasa solidaritas dan semangat gotong-royong anak bangsa. Sambil terus berusaha untuk menginspirasi bahkan mengajak seluruh elemen bangsa untuk berpartisipasi mendukung gerakan ini,” jelas dr. Nino.


Ia menyebut, Lab memiliki proses otomatisasi berkapasitas besar yang menerapkan standar tertinggi sehingga hasil tes dapat diakses pada hari yang sama. Selain itu standar laboratorium GSI Lab pun mengikuti standar Biosafety Level (BSL) 2+, dimana telah sesuai dengan ketentuan WHO dan peraturan Kementrian Kesehatan.


Lebih lanjut dr Nino menambahkan, Masyarakat dapat memanfaatkan berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh GSI Lab untuk pengambilan sampel swab , yaitu dengan melalui sistem drive through, walk through dan ride through. Selain itu masyarakat juga dapat memilih untuk dilakukan pengambilan sampel swab di lokasi yang diinginkan, seperti di kantor maupun rumah sakit rekanan. Semua fasilitas ini dihadirkan untuk lebih mempermudah masyarakat dalam melakukan tes PCR.


Untuk Memperluas akses bantuan, GSI Lab bekerja sama dengan BenihBaik.com dan Shopee, untuk mengajak masyarakat bersama-sama mengulurkan tangan dalam mendukung program #SwabAndSaveIndonesia.

Founder Benihbaik Andy F. Noya menyambut baik inisiasi yang dilakukan melalui kampanye GSI Lab #SwabAndSaveIndonesia yang sejalan dengan misi kami di Benih Baik yaitu peduli akan isu kemanusiaan. Dalam kesempatan ini GSI Lab memberikan akses luas bagi masyarakat yang kesulitan untuk melakukan pengetesan PCR, berapapun kontribusi donasi yang diberikan masyarakat akan sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan.

” Bagi masyarakat yang ingin berkontribusi dapat dilakukan melalui link https://benihbaik.com/campaign/tes-pcr-gratis-untuk-masyarakat ataupun juga bisa dilakukan melalui platform Shopee, ujarnya.

“GSI Lab dijalankan bukan sebagai perusahaan komersial, melainkan kewirausahaan sosial atau social enterprise yang akan menggunakan kembali pendapatan usaha untuk mencapai misi sosial kami yaitu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Oleh karenanya kami berharap program #SwabAndSaveIndonesia dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk saling membantu dalam memberikan akses PCR tes sebagai salah satu usaha untuk mempercepat putusnya rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia,” tutup dr. Nino.  


Penulis : Ade Lukman
Editor : Ade Lukman

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475