Kamis, 22 Oktober 2020

Hari Puisi, DKI Gelar Diskusi Sastra dan Pembacaan Puisi

Hari Puisi, DKI Gelar Diskusi Sastra dan Pembacaan Puisi

RAGAM
26 Juli 2020, 15:09 WIB

CuplikCom26072020151418-IMG_20200726_150844.jpg

Saat berlangsungnya kegiatan diskusi sastra dan pembacaan puisi oleh para pegiat seni Indramayu (Cuplikcom/Taufid)

Cuplikcom - Indramayu - Dewan Kesenian Indramayu (DKI) memperingati Hari Puisi Indonesia, dengan menggelar kegiatan diskusi sastra dan pembacaan puisi oleh para pegiat seni Indramayu yang dibuka untuk umum kepada seluruh masyarakat Indramayu.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Kesenian Mama Sugra Indramayu dengan tema PUISI YANG MENYATUKAN, menghadirkan Acep Syahril dan Supali Kasim selaku pembicara sekaligus pegiat sastra di Indramayu.

Menurut Acep Syahril, peringatan Hari Puisi Indonesia pada tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah-tengah pandemi Covid-19 yaitu pada masa transisi menuju new normal/Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Dengan menyatukan puisi dalam berbagai aktivitas, kami menyuarakan berbagai perasaan mewakili kepanikan, ketakutan, keterpurukan, dan kejatuhan masyarakat Indonesia di tengah-tengah wabah Covid-19," ucap Acep Syahril.

Sambungnya, puisi dapat menyatukan pemikiran tentang sebuah persoalan dalam konteks Sosio-Kultural serta dokumentasi perjalanan peradaban manusia saat ini di tengah-tengah pandemi Covid-19.

"Lantas bukankah kekuatan kata yang diusung para penyair ini merupakan sebagai bentuk dukungan moril terhadap situasi pandemi," tutur Acep Syahril dalam sambutannya di Pagelaran Hari Puisi Indonesia di Gedung Kesenian Mama Sugra Indramayu, Minggu (26/7/2020).

Di tempat yang sama, Supali Kasim, yang merupakan salah satu pembicara di acara diskusi sastra pada peringatan Hari Puisi Indonesia yang diselenggarakan Dewan Kesenian Indramayu menyayangkan atas adanya kemunduran sebuah karya puisi di tengah kehadiran teknologi saat ini.

"Era teknologi informasi dan komunikasi memang telah menumbuh suburkan media sosial, demikian pula jumlah penerbitan buku. Di media sosial setiap hari atau setiap jam atau setiap menit pun bisa mengunggah puisi," ucapnya.

"Namun seakan-akan tak ada jaring, waring, atau alat saring sama sekali. Tumbuh suburnya penerbitan buku beriringan pula dengan longgarnya pengeditan buku," sambungnya.

Supali Kasim pun berharap, pagelaran sastra yang dilakukan Dewan Kesenian Indramayu dapat dilakukan secara rutin agar tidak terjebak sebatas formalitas Peringatan Hari Puisi.

"Saya kira jangan hanya terjebak pada formalitas kegiatan rutin tahunan, sebab harapan dari para peserta juga seperti itu, perlu adanya kajian lebih mendalam yang berkelanjutan," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu audiensi, Nono Haryono, sangat mengapresiasi  pagelaran peringatan Hari Puisi Indonesia yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Indramayu.

"Kegiatan ini perlu di apresiasi dan harapan kedepannya semoga kegiatan ini bisa menjadi rutin," tutur Haryono.


Penulis : Taufid Chaniago
Editor : Andrian Supendi

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN