Senin, 25 Januari 2021

Hasil Melimpah, Petani di Kandanghaur Puas Tanam Padi Jenis MSP

Hasil Melimpah, Petani di Kandanghaur Puas Tanam Padi Jenis MSP

RAGAM
5 April 2020, 12:29 WIB

CuplikCom05042020123227-IMG-20200404-WA0071.jpg

Hasil Melimpah, Petani di Kandanghaur Puas Tanam Padi Jenis MSP (Cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Sejumlah petani di wilayah Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, melakukan panen padi jenis MSP (Mari Sejahterakan Petani), Sabtu (04/04/2020).

Salah satu petani asal Desa Karanganyar blok cilet Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Rusdi, yang juga tergabung dalam kelompok tani Sri Wijaya XI melaksanakan panen padi jenis MSP-13.

Dalam panen padi MSP tersebut, dihadiri petugas PPL dari BPP wilayah Kecamatan Kandanghaur, sekaligus melakukan monitoring penghitungan hasil panen dengan cara ubinan.

Dari hasil perhitungan ubinan oleh petugas PPL/BPP tersebut, didapat hasil hitung secara ubinan padi MSP ini sebesar 8 ton per hektar.

"Saya merasa sangat puas pak, baru kali ini di Desa Karanganyar blok cilet (nambo) menanam padi hasilnya begitu berlimpah," kata Rusdi

Sementara, Cabidin Ketua Poktan Sriwijaya XI mengatakan, saat melihat hasil panen padi tersebut, petani akan mengadakan syukuran mapag sri di wilayah areal sawah itu, karena hasil panennya tidak seperti tahun-tahun lalu.

"Ya sebagai rasa syukur saja, karena hasil panen melimpah," cetusnya

Dalam acara panen tersebut belum didapat hasil riil dari keseluruhan luas areal 600 bata.

"Nanti kita akan lihat jumlah riil keseluruhan dari panen padi MSP-13 ini, tapi saya taksir akan dapat lebih dari 8 ton," kata Opil, pendamping MSP di Poktan Sriwijaya XI.

Menurut Opil, acara panen hitung ubinan padi MSP-13 di kelompok Poktan Sriwijaya XI diselenggarakan sebagai upaya untuk mempelopori gerakan peningkatan pendapatan hasil panen petani.

"Nanti kedepan padi MSP-13 ini akan kami kembangkan diseluruh areal binaan Poktan kami," imbuhnya.

Sementara, Ketua komunitas MSP Kabupaten Indramayu, Apip Nopianto mengungkapkan, dengan hasil yang memuaskan ini, para petani diharapkan lebih giat menanam padi MSP untuk meningkatkan produktifitas bahan pangan.

"Kita akan terus bergerak ke petani-petani diseluruh Indramayu agar bisa terbantu hasil produksi sawahnya," kata Apip, yang juga Wakil Ketua Bidang Buruh, Tani dan Nelayan DPC PDI Perjuangan Indramayu.


Penulis : Deni Agus R
Editor : Didi Rahadi

CURHAT RAKYAT

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060