Senin, 26 Oktober 2020

Setelah Dodol Mangga, Kini Batik Complongan Sepanjang 100 Meter Pecahkan Rekor

Setelah Dodol Mangga, Kini Batik Complongan Sepanjang 100 Meter Pecahkan Rekor

RAGAM
6 Oktober 2019, 21:01 WIB

CuplikCom06102019210255-IMG-20191006-WA0009.jpg

Wakil Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat saat ikut membatik Complongan. (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Pemerintah Kabupaten Indramayu kembali melakukan gebrakan untuk membuat bangga warganya. Kali ini rekor yang berhasil dicatat pada Original Rekor Indonesia (ORI) adalah pembuatan Batik Complongan sepanjang 100 meter dengan durasi waktu 492 detik.

Penyerahan rekor dilakukan oleh manajemen ORI kepada Wakil Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat (penggagas), Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Indramayu, Hj. Nani Indriyani Supendi (sponsor), Kepala Diskopindag Indramayu Trisna Hendarin (pemrakarsa), dan Paguyuban Batik Tulis Complongan Indramayu (kreator), Minggu (06/10/2019) di Sport Center Indramayu.

Wakil Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat mengatakan, batik dengan teknik complongan ini hanya terdapat di Indramayu dan biasanya terdapat pada batik tulis halus menggunakan bahan kain primis seiring perkembangan batik cap pun dapat dicomplongi sehingga harganya bisa terjangkau.

Taufik menambahkan, alat yang digunakan dalam Batik Complongan terbuat dari 15-25 mata jarum yang disusun beraturan, dijepit dua potong kayu berukuran 5 cm x 5 cm x 2 cm dengan tali jagung sebagai pengikat. 

"Membuat complongan pada kain batik butuh waktu dua hingga empat hari, bergantung dari kerumitan motif batiknya. Lubang-lubang halus itu akan menutup sendiri pada saat pewarnaan. Biasanya warna bintik-bintik halus mengikuti warna yang paling gelap atau warna terakhir dalam pewarnaan, tapi sekarang bisa kita lakukan dalam waktu 492 detik," tegas Wabup.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kabupaten Indramayu, Ny. Nani Indriyani Supendi menjelaskan, Batik Complongan adalah salah satu teknik membatik dengan cara melubangi kain batik dengan deretan jarum membentuk pola tertentu yang menjadikan ciri khas batik tersebut. 

Kata Complongan berasal dari kata complong dalam bahasa Indramayu (Dermayon) yang berarti melubangi. Lubang dibuat dengan jarum diameter sekitar 0,5 milimeter. Teknik ini dilakukan sebelum kain diwarnai atau setelah kain di-tembok dengan lilin.

Tidak semua bagian kain dilubangi, hanya bagian tertentu yang telah di-tembok sesuai keinginan pembatiknya. Hasilnya berupa titik-titik kecil bak deretan semut yang mempercantik motif kain batik.

Dengan adanya rekor ini, membuktikan komitmen dan kerjasama untuk membangun Indramayu bisa dilakukan oleh siapapun dengan latar belakang profesinya.

Seperti diketahui sebelumnya Dodol mangga terpanjang pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan membuat tulisan Hari Pangan Sedunia dari Rangkaian Dodol Mangga Indramayu pada Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat, Rabu (02/09/2019) yang dipusatkan di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060