Minggu, 29 November 2020

Komisi IV DPR RI Mulai Sosialisasikan Perpres Soal TPI Harus Dikelola Koperasi

Komisi IV DPR RI Mulai Sosialisasikan Perpres Soal TPI Harus Dikelola Koperasi

EKONOMI
9 Agustus 2018, 15:15 WIB

CuplikCom09082018152231-IMG-20180808-WA0008-1.jpg

Anggota Komisi IV DPR, Ono Surono saat sosialisasikan Perpres soal TPI harus dikelola Koperasi (Cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Semarang - Sosialisasi Penyelenggaraan Pelelangan Ikan TPI Oleh Koperasi Perikanan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi, Usaha Kecil & Menengah, dilakukan di Grand Edge Hotel Semarang Jawa Tengah, Rabu (8/8/2018), dengan menghadirkan Ketua Umum IKPI (Induk Koperasi Perikanan Indonesia) sekaligus juga sebagai Anggota DPR-RI Komisi IV Ono Surono. 

Sosialisasi yang dihadiri oleh para pelaku dari koperasi perikanan seluruh Jawa ini membahas tentang strategi pengembangan Koperasi Perikanan sebagai penyelenggara di Tempat Pelelangan Ikan yang harapannya akan berdampak positif pada pemberdayaan koperasi yang dikelola sebagai wujud reformasi melalui pemberdayaan koperasi perikanan itu sendiri, selain itu, sangat penting artinya keberpihakan pemerintah daerah kepada koperasi yang mengelola TPI.

Menurut Ono, potensi dari bidang kelautan dan perikanan Indonesia sangatlah besar, namun sangat disayangkan karena pada umumnya saat ini belum dapat dikelola secara optimal oleh koperasi, salah satu yang menjadi kendala adalah tidak operasikan oleh penyelenggara pelelangan ikan di TPI melalui koperasi, namun ditangani oleh komponen-komponen eksternal yang tidak sesuai bidangnya, seperti ditangani langsung oleh pemerintah daerah atau pemkab melalui dinas yang akhirnya tidak optimal dalam pengelolaannya". 

"Tujuan dari rencana dikeluarkannya PerPres itu adalah untuk mendorong pemerintah daerah untuk membuat Perda yang berpihak kepada Koperasi Perikanan sebagai pilar penguatan ekonomi kerakyatan yang mandiri, berdikari, berkepribadian dan berazaskan gotong royong", tutur Ono Surono. 

Disampaikan pula oleh Ketua PUSKUD Mina Bahari Jawa Tengah, Sutarjo mengatakan, pihaknya sangat setuju mengenai kebijakan presiden Jokowi melalui Perpresnya yang menegaskan bahwa TPI harus dikelola oleh koperasi.

"Apa yang disampaikan oleh Ketum IKPI Bapak Ono Surono tadi sudah sangat 'gemuk' apabila diterjemahkan, harapan kita bahwa koperasi perikanan itu pengelolaannya diserahkan kepada pelaku koperasi perikanan sendiri, dan pemerintah daerah menyokong itu dengan menjadi pelindung atau pembina", tandasnya.


Penulis : Kurniawan
Editor : Almak

Tag :

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr