Minggu, 25 Oktober 2020

Peringati Migran Day, SBMI Gelar Seminar Soal Tantangan Pasca Pengesahan UU PPMI

Peringati Migran Day, SBMI Gelar Seminar Soal Tantangan Pasca Pengesahan UU PPMI

SOSIAL
17 Desember 2017, 14:55 WIB

CuplikCom17122017145800-IMG_1878.JPG

sambutan Ketua umum SBMI saat peringati migran day 2017 (cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Bekasi - Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) menggelar seminar soal tantangan pemerintah pasca pengesahan UU nomor 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI). Digelar di aula Islamic Center Bekasi, Minggu (17/12/2017).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian awal kegiatan SBMI dalam rangka memperingati Hari Buruh Migran Internasional (Migran Day) yang biasa diperingati setiang 18 Desember.

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan dari seluruh pengurus dan anggota SBMI se-Indonesia, selain itu juga menghadirkan dari Kemenlu, Kemenaker, Kemendagri, Jaringan Buruh Migran (JWB), Justice Without Border (JWB), dan beberapa tokoh buruh migran.

Acara diawali dengan nonton bareng pemutaran film indie yang diproduksi oleh SBMI dengan judul "Impian Negeri Berkabut" berdurasi 40 menit yang menceritakan tentang proses dan modus praktik trafficking di Indonesia.

Ketua SBMI, Haryanto mengatakan, peringatan Migran Day tahun ini, fokus pada pengawalan advokasi terkait implementasi dan persiapan aturan turunan dari UU nomor 18 tahun 2017 tentang PPMI, pasalnya aturan turunan yang nanti dibat oleh pemerintah haru sesuai dengan ILO yang sudah diratifikasi oleh Indonesia.

"Salah satunya terkait perlindungan yang diberikan bukan hanya kepada buruh migran saja, tetapi jukga kepada keluarganya," ujarnya dalam sambutan untuk membuka acara tersebut.

Haryanto menjelaskan, peringatan Migran Day saat ini juga SBMI akan memberikan catatan-catatan atau rekomendasi untuk pemerintah terkait dengan hal apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan dalam rangka proses pembuatan aturan turunan dari UU PPMI tersebut.

"UU PPMI ini harus mempunyai aturan turunan yang terintegrasi sampai ke daerah-daerah, sehingga perlindungannya nyata untuk buruh migran," jelasnya.


Penulis : Almak
Editor : Almak

Tag :

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461