Senin, 26 Oktober 2020

Tuntut Transparansi APBDes 2017, Warga Datangi Kantor Kuwu

Tuntut Transparansi APBDes 2017, Warga Datangi Kantor Kuwu

SOSIAL
30 Mei 2017, 20:08 WIB
Cuplik.Com - Indramayu - Sejumlah warga desa Arahan Kidul Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu mendatangi kantor kuwu, Selasa (30/5/17). Warga menuntut keterbukaan pemerintah desa dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Delanja Desa (APBDes) tahun 2017.

Kedatangan mereka disambut oleh Tanodi selaku juru tulis desa Arahan kidul dan Suharto selaku Tua Desa atau Kliwon, hadir juga Babinkamtibmas Desa Arahan Kidul, Taryanto.

Tokoh masyarakat Arahan Kidul, Tarnawi, yang juga menjadi ketua Gapoktan Pintu Jaya Arahan Kidul menyayangkan sikap pemerintah desa yang terkesan menutup diri terkait alokasi anggaran tahun 2017, pasalnya hingga saat ini, baliho desa yang memuat tentang alokasi APBDES Arahan Kidul 2017 belum terpasang, seperti halnya yang dilakukan di desa lain.

"Kalau desa lain sudah dipasangi, sementara desa sendiri masih diumpetna bae (disembunyikan saja)", ujarnya.

Sehingga Tarnawi, sebagai perwakilan warga meminta data APBDes Arahan Kidul 2017, menurutnya data tersebut mestinya bisa diakses oleh warga secara terbuka sebagaimana amanat undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Tarnawi lebih khusus juga mempertanyakan terkait perhatian pemerintah desa terhadap kegiatan sektor pertanian, pasalnya Arahan Kidul merupakan desa yang 80 persen warganya menjadi petani.

Ia membeberkan, ketika para kelompok tani melaksanakan giat warga Jumat Gorol (JUMROL) yaitu, pembenahan saluran irigasi pertanian secara rutin yang anggarannya secara swadaya, menurutnya pihak pemerintah desa sama sekali tidak pernah memberikan perhatian yang serius, bahkan terkesan acuh.

"Kami meminta data APBDes 2017, karena sedari awal kami tidak pernah dilibatkan dalam musyawarah desa membahas APBDes," imbuhnya.

Minta Data APBDes Harus Izin Kuwu?

Sementara, Tanodi (sekdes) menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi atas kedatangan warga ke balaidesa, karena dinilai sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap pemerintah desa. Pihaknya memperlihatkan bahwa baligho desa sudah dibuat dan siap dipasang.

Mengenai data APBDes Arahan Kidul 2017, Tanodi berkilah bahwa ketika ingin meminta data tersebut maka harus koordinasi dengan Kuwu.

"Mohon maaf belum bisa kami berikan karena harus kordinasi dulu dengan pak kuwu. Mangga bapak-bapak bisa melihat isi baligho desa yang sudah kami buat, kami akan memasangnya segera," tandas Tanodi.


Penulis : Dewo
Editor : Dewo

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr