Sabtu, 18 September 2021

Ancaman Kekeringan, Komisi IV DPR Sidak Sungai Hingga ke Rentang

Ancaman Kekeringan, Komisi IV DPR Sidak Sungai Hingga ke Rentang

EKONOMI
28 Mei 2017, 21:06 WIB
Cuplik.Com - Indramayu - Anggota DPR Komisi IV Ono Surono melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sepanjang sungai di wilayah Indramayu sampai ke sungai Rentang di Majalengka, hal itu dilakukan karena adanya prediksi ancaman kekeringan yang mengakibatkan sekitar 86 ribu hektar sawah terancam gagal panen. Minggu (28/5/17).

Ono didampingi tokoh pertanian Carkaya dan beberapa perwakilan kelompok tani mendatangi beberapa wilayah yang sudah terkena dampak kekeringan seperti di kecamatan Kandanghaur, Losarang, Lelea dan Cikedung. (baca: Sawah 86.000 Hektar Terancam Gagal Panen Akibat Kekeringan)

Saat melakukan penyisiran sungai Cipanas dari hulu ke hilir, dari kecamatan Losarang hingga Bendungan Rentang yang terletak di Majalengka, Suryadi Carkaya dalam dialognya dengan Ono Surono mengatakan, bahwa areal pesawahan yang meliputi beberapa kecamatan yang dilewati sungai Cipanas rentan mengalami kegagalan panen karena krisis air.

Menurut petugas pintu air Bendungan Rentang, Yoyo mengungkapkan, sebenarnya bukan masalah kekurangan air, hanya saja Bendungan Rentang yang dibangun pada tahun 1982 ini, mempunyai fungsi mengairi areal pertanian di tiga wilayah kabupaten sekaligus dengan cara bergantian.

"Sementara ini Bendungan Rentang hanya mendapat suplai air dari Jatigede selama 12 jam dengan sistem buka tutup, dan kapasitas maksimal adalah 100 kubik air untuk mengairi 3 wilayah kabupaten, dan dibagi-bagi secara bergiliran", jelas Yoyo saat ditemui di Kantor Bendungan Rentang.

Saat bersamaan, Ono menuturkan bahwa yang dilakukan hari ini adalah tindaklanjut hasil komunikasinya dengan kementerian terkait selama beberapa minggu sebelumnya.

"Saya sudah menghubungi Dirjen terkait masalah ini, dan mereka sudah menerjunkan tim, saya kemari hanya ingin memastikan bahwa mereka terjun ke lapangan dan segera dapat mengatasi permasalahannya khususnya permasalahan pertanian di Kabupaten Indramayu, mengingat program kedaulatan pangan adalah salah satu program prioritas dari pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Indramayu sebenarnya sangat berpotensi menjadi daerah lumbung padi nasional," papar Ono.

Ketika di konfirmasi apa target Ono dalam sidaknya kali ini, Ono menuturkan bahwa setidaknya terdapat penambahan suplai air, apabila selama ini daerah Indramayu hanya diberi kuota dua hari pengiriman air, karena Indramayu mempunyai lahan yang paling luas dibanding daerah lain, maka dalam skala prioritas kuota air ditambah menjadi empat atau lima hari.

"Jarak dari Bendungan Rentang ke Indramayu sangat jauh, apabila hanya diberi jatah air selama dua hari pengiriman, maka air belum sampai di dua kecamatan lainnya seperti Losarang dan Kandanghaur, hanya sampai Lelea dan itupun belum maksimal, saya masih intens berkomunikasi dengan Dirjen, dan saya ingin memastikan bahwa masalah ini dapat segera diatasi", tutup Ono.


Penulis : Dewo
Editor : Dewo

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

layanan terapi hati ,kesembuhan luka batin,fobia,anxiety ,cemas, hidup sial,tak bahagia ,rezeki seret,psikomatik dan semua yang urusan pikiran ,bisa konsultasi wa 0813 5227 9928 /bang rudy insyaalllah
Dijual Lahan dikawasan industri Arjawinangun Cirebon, sangat cocok utk dibuat gudang dll, luas lahan +-2300, lebar muka 15m, kontainer bisa masuk, surat² AJB, hrg Rp. 600/M nego hub 082127203397
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
MENERIMA PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA RESMI WILAYAH INDRAMAYU, MAJALENGKA, CIREBON. HUBUNGI: LISNA HP: 082118907899
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475