Minggu, 25 Oktober 2020

Ono Surono: Calo Proposal Bukan Perilaku Pancasilais

Ono Surono: Calo Proposal Bukan Perilaku Pancasilais

POLITIK
1 Maret 2016, 07:16 WIB
Cuplik.Com - Cirebon - Gerakan revolusi mental nampaknya terus digelorakan, salah satunya dalam proses realisasi bantuan pemerintah untuk rakyat. Pasalnya seringkali oknum baik dari sipil maupun birokrasi melakukan tindakan seperti calo proposal yang kerap melakukan pemotongan dan pungutan liar. Perilaku ini dianggap sebagai penghianatan terhadap dasar negara yakni Pancasila.

"Jika ada oknum yang mengaku bisa melancarkan proposal dengan persyaratan potongan bantuan, segera laporkan. Itu bukan perilaku Pancasilais," ujar Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di desa Orimalang kecamatan Jamblang Cirebon Jawa Barat, Sabtu (27/02/16).

Ono menjelaskan, terjadinya pungli atau pungutan terhadap bantuan pemerintan dengan dalih untuk melancarkan atau menjanjikan untuk dicairkan, menurutnya adalah mengada-ada, karena setiap bantuan pemerintah harus melalui proses yang ketat diseleksi ditelliti dan diverifikasi dengan benar.

"Ini perlu sosialisasi dengan benar soal mekanisme bantuan pemerintah, agar tidak ada lagi para oknum yang memanfaatkan," kata pria yang disebut-sebut sebagai tokoh nelayan nasional ini.

Ono Juga menambahkan, pada 2016 pemerintah sudah berupaya dengan untuk fokus dan mengangkat nasib para petani dengan menganggarkan Rp75 triliun.

"Sejumlah bantuan akan diberikan baik melalui Gapoktan maupun berdasarkan pengajuan kepada Kementrian Pertanian. Angka itu harusnya bisa menyejahterakan petani," jelas kader PDI Perjuangan dari Indramayu ini.

Sementara, Anggota DPRD Jawa Barat, Bambang Mujiarto yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, petani menduduki persentase tertinggi dalam kategori miskin di Indonesia, tercatat ada 65 persen rakyat miskin dari kalangan petani, 25 persennya adalah nelayan dan sisanya adalah buruh.

"Ini sangat memperihatinkan, padahal negara kita adalah negara agraris," terang Bambang.

Ia juga memaparkan, banyaknya rakyat miskin dari kalangan petani karena mayoritas menjadi buruh tani yang tidak memiliki lahan. Oleh karenanya, ia meminta adanya alih fungsi lahan.

"Pemerintah daerah harus membuat aturan yang ketat dan melihat kebutuhan alih fungsi lahan. Sehingga ketahanan pangan tidak terganggu," tandasnya.


Penulis : Dewo
Editor : Dewo

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726