Rabu, 3 Juni 2020

Budi Daya Lele Milik Warga Karanganyar Berdiri Secara Mandiri

Budi Daya Lele Milik Warga Karanganyar Berdiri Secara Mandiri

EKONOMI
23 Agustus 2014, 01:18 WIB
Cuplik.Com -
Indramayu – Sedikitnya 14 kolam dibangun pada bekas rumah kosong yang sudah ambruk disulap menjadi kolam kolam pemijahan ikan lele dan nila, kolam tersebut dibuat dibekas kamar kamar kecil pada sebuah rumah tua dan sudah ambruk, setidaknya hal ini dapat menginspirasi kita yang berada di wilayah perkotaan dan kesulitan akan lahan kosong yang bisa dimanfaatkan  untuk usaha mandiri seperti yang dilakukan Rizal, warga Jl. Kapten Arya Kelurahan Karanganyar Indramayu ini.
 
Ditemui ditempat pemijahan lelenya di Karanganyar Rizal menuturkan, selama ini usahanya tersebut dijalani atas modal sendiri (mandiri), sementara untuk bibit induknya sendiri diambil dari dinas perikanan di Cijengkol Subang.
 
“untuk bibit indukannya saya ambil dari dinas perikanan di subang”.ujar Rizal kepada Cuplik.com, Jumat 22/8 siang.
 
Ditambahkan Rizal, setelah melalui proses pemijahan ditempatnya selama kurang lebih 40 hari, lele tersebut biasanya langsung dijual kembali ke pihak ketiga yakni, para pembudidaya lele di desa desa baik yang berasal dari Indramayu sendiri maupun dari Cirebon.
 
Dengan memanfaatkan rumah kosong milik kakeknya yang sudah tidak dihuni, Rizal memanfaatkan setiap kamar pada rumah kosong tersebut dan menyulapnya menjadi kolam pemijahan lele dan nila.
 
Diakuinya, beberapa konsumennya tersebut berdatangan atas informasi secara dor to dor atau dari mulut ke mulut, pihak PPL Kecamatan juga pernah mendatangi tempat pemijahannya tersebut namun demikian Rizal tidak mengatak apa yang dimaksud dari kunjungan PPL Kecamatan tersebut.
 
Berdasar pantauan Cuplik.com, terdapat 14 kolam pemijahan dua diantaranya digunakan untuk pemijahan ikan nila, Rizal sendiri telah memiliki sertifikat cara budidaya ikan yang baik dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, Unit Usaha Budidaya Ikan BPBAT Cijengkol Subang, dirinya juga berharap usahanya tersebut kelak tetap bisa berkembang, jenis lele yang dipijah tersebut merupakan lele jenis Sangkuriang.  
     
“ya harapan saya mudah mudahan usaha saya ini bias lebih maju, bersama dukungan juga dari instansi terkait”.tutup Rizal.


Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

VIDEO

Aksi Bebaskan Rusmini, Sekjen SBMI Diciduk Polisi di Kedubes Arab Saudi3/06/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461