Senin, 28 Mei 2018
SEARCH | REGISTER | LOGIN

Melalui Bedah Buku, Siswa Dididik Rajin Membaca


SOSIAL
2 Desember 2013, 14:42 WIB

Cuplik.Com - Cirebon - Guna memotivasi kratifitas dan meningkatkan minat baca para siswa, Komunitas Seniman Santri (KSS) bersama dengan pihak terkait, menggelar bedah buku sastra di Kantor kecamatan Losari Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Bedah buku tersebut dihadiri ribuan siswa dari tingkat menengah pertama (SLTP) dan menengah tingkat atas (SLTA) yang diselenggarakan oleh UPT Pendidikan Kecamatan Losari, event organizer creative network, TPD BPPKB (Tenaga Penggerak Desa Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana) dan KSS (Komunitas Seniman Santri), buku yang dibedah adalah buku sastra berjudul "Surat Untuk Tuhan" karya Baequni, Sabtu (30/11/13).

"Tujuan adanya kegiatan bedah buku ini untuk mendorong agar para siswa menjadi kreatif sekaligus meningkatkan minat baca di kalangan siswa," ujar Ketua Penyelenggara, Aliyuddin.

Di sela-sela sambutannya, Aliyuddin juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut mensukseskan acara ini, terutama untuk camat Losari; Iwan Ridwan Hadiawan SSos, para Kepala Sekolah, dan para guru yang banyak terlibat dalam kegiatan acara tersebut.

Hadir juga Drs H Dhofir, ketua UPT Pendidikan Losari. Ia mengaku bahwa kegiatan ini menjadi bukti keseriusan pemerintah peduli terhadap minat baca para generasi.

"Kegiatan ini menjadi bukti keseriusan kami dalam membangun pendidikan di kecamatan losari. Kami berharap kedepan siswa-siswi ditingkat SLTP dan SLTA menjadi siswa yang kreatif dan rajin membaca," katanya.

Acara bedah buku tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni, Baequni, sebagai penulis buku antologi puisi Surat Untuk Tuhan; dan H Abdul Muiz Syaerozie, Sekretaris KSS yang juga wakil sekretaris Lakpesdam PWNU Jawa Barat sebagai pembanding.

Menurut Baequni, Buku antologi puisi; Surat untuk Tuhan merupakan hasil pergulatan spiritual, sosial maupun budaya yang dialaminya dalam masa yang panjang. Pengalaman-pengalam spiritual dan refleksi sosial dan budaya yang dirasakan selama bertahun-tahun ia tulis dalam sebuah bentuk puisi.

"Ini bisa dilakukan oleh siapapun termasuk para peserta bedah buku sastra ini," paparnya.

Namun Baequni menyadari, menulis puisi bakanlah hal mudah. Hanya saja, ia yakin, jika para siswa SLTP dan SLTA mau berlatih dengan sungguh-sungguh, maka itu bukan hal yang mustahil.

Apalagi, menurut pandangan Baequni, siswa-siswi SLTP dan SLTA memiliki kemampuan berimajinasi yang cukup bagus. Kemampuan berimajinasi para siswa akan tersia-sia jika tidak diaktualisasikan melalui bentuk tulisan, baik berupa puisi, cerpen, novel, maupun bentuk tulisan-tulisan yang lain.

"Saya mengajak seluruh siswa peserta bedah buku sastra untuk segera berlatih menulis dengan sungguh-sungguh," katanya di hadapan para siswa.

Sementara menurut H Abdul Muiz Syaerozie, upaya meningkatkan kemampuan menulis sastra di kalangan siswa SLTP dan SLTA harus dimotivasi pula dengan kehadiran sebuah rubrik sastra di media cetak maupun online sebagai bentuk apresisasi karya mereka. Para siswa dan siwi, menurut Muiz, akan bangga jika karyanya di muat di sebuah media massa.

"Di Cirebon, banyak media cetak maupun media online yang membuka rubrik khusus untuk sastra. Ini tentu saja menjadi kesempatan bagi para siswa untuk mengktualisasikannya di ruang itu," tandas Muiz.


Penulis : dewo
Editor : Dewo

Tag :

BERITA TERKAIT

CURHAT RAKYAT

Dalan dermayu

Aspal ning dalan akeh sing berlubang...kapan kunuh ya di dandanie..?

VIDEO

Pengajian Umum Ustad Muh. Zaki Indramayu | 1 Muharram 1438 H Part 3/728/05/2016

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Menerima jasa pemasangan Parabola berbayar/non berbayar, dan menerima jasa pemasangan Internet Wilayah Indramayu. Hubungi WA : 083823365131
Menerima kanopi, rolling door, tralis, tangga besi, lemari besi, meja besi, rak besi, dll. Wilayah Indramayu & sekitarnya. Hubungi WA : 087717690199
Menerima Jasa Instalasi Laboratorium Komputer untuk Persiapan UNBK tingkat SLTP atau SLTA. Hubungi WA : 08983843354
Sedia Video Shooting dan Streaming Kualitas Gambar Bening Full HD untuk pesta hajatan Wilayah Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, dan Subang.....Hubungi WA: 08983843354