Selasa, 26 Mei 2020

PKS Tolak Usulan Pengurangan Masa Reses DPR


POLITIK
4 Januari 2013, 18:04 WIB

Cuplik.Com - Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menolak usulan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD) Marzuki Alie terkait usulan soal pengurangan masa reses di DPR RI. Pasalnya pengurangan tersebut dinilai menutup jalur komuniasi antara anggota dewan dengan rakyat.

"Saya rasa, wacana itu perlu digodok kembali, perlu ditelaah lebih lanjut. Karena tugas utama DPR adalah serap aspirasi dari masyarakat, khususnya di daerah pemilihan," ujar Ketua kelompok Komisi III DPR RI Fraksi PKS, Aboe Bakar Alhabsyi kepada cuplik.com, Jumat (4/1/13).

Sebelumnya ketua DPR RIMarzuki Alie mengusulkan agar masa reses DPR dikurangi dari satu bulan menjadi dua minggu (14 hari). Diketahui, saat ini pada masa persidangan II 2012-2013 mulai 14 Desember - 6 Januari 2013.

Aboe menilai, Bila waktu reses hanya 14 hari, dipastikan aktifitas anggota DPR di daerah akan sangat singkat, terutama di Dapil (Daerah Pemilihan) yang sulit akses.

"Mungkin tidak begitu bermasalah untuk Caleg dari Dapil Jawa, cukup sekali terbang dan beberapa jam perjalanan darat sudah sampai, namun untuk Dapil wilayah timur mungkin perlu sampai dua hari perjalanan untuk sampai di Dapil, jadi sisa waktu untuk menyerap aspirasi dan ketemu konstituen sangat terbatas," jelasnya.

Belum lagi, lanjutnya, kerap kali kegiatan reses Komisi di DPR RI harus memotong jatah waktu yang ada.

"Bagi saya sendiri, 14 hari sangat tidak memadai, karena untuk perjalanan saja dibutuhkan waktu seharian, belum lagi waktu untuk berpindah dari satu kabupaten ke kabupaten lain di Dapil, infrastrukturnya kan beda dengan di Jawa, jadi cukup menyita waktu," papar Politisi dari Dapil Kalimantan Selatan ini.

Selain itu, pengurangan masa tersebut menurutnya dikhawatirkan kegiatan kedewanan lebih banyak rapat-rapat di Senayan tanpa menyerap aspirasi dari konstituen.

"Ini kan bisa menghilangkan ruh institusi DPR sebagai lembaga perwakilan rakyat. Saya rasa hal spt itu tidak baik. Bila memang ingin mengurangi masa reses saya kira perlu didiskusikan lagi, bisa jadi tidak sebanyak itu, kalau dikurangi menjadi 14 hari itu kan separohnya, saya kira terlalu drastis, perlu penyesuaian," tutup Aboe.


Penulis : Dewo
Editor : Dewo

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

VIDEO

Ceramah KH. Moh Syatori, S.H, MA | Maulid Nabi Muhammad SAW | 201826/05/2018

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475